PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA MASYARAKAT DI DESA KOTO MASJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Detri Karya Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Raja Ria Yunita Dosen Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Zulkifli Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Edo Pratama Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Asdelina Ritonga Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.232

Keywords:

Pemasaran, Promosi, Potensi dan Pesaing

Abstract

Pelaku usaha pengolahan hasil perikanan tidak hanya mampu mengolah produk berkualitas baik, namun mampu menghasilkan produk yang berbeda (unik) dan sesuai kebutuhan konsumen atau harus berorientasi kepada pasar (marketing-oriented company). Karena potensi ikan patin sangat baik untuk usaha bisnis sehingga tim Pengabdian Kepada Masyarakat `Program Magister Manajemen Unversitas Islam Riau mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan cara penyuluhan dan demontrasi kegiatan pemasaran  dengan mengundang masyarakat di desa koto masjid kecamatan XIII koto Kampar kabupaten Kampar. Dalam penyampaian materi penyuluhan ini, digunakan beberapa metode antara lain: a. Metode Ceramah, yaitu metode yang digunakan untuk memaparkan materi yang telah disusun oleh penulis b. Metode Tanya Jawab, yaitu metode yang digunakan untuk merespon sejauh mana tingkat pemahaman peserta penyuluhan tentang bahan/materi yang telah disampaikan oleh penulis c. Metode Diskusi, yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan setiap permasalahan yang dikemukakan peserta. Hasil evaluasi terhadap materi yang disampaikan menunjukkan bahwa tahapan penerimaan sasaran kegiatan pengabdian adanya perubahan sikap sasaran yang mampu menilai pentingnya peningkatan pemasaran diataranya kegiatan promosi produk sehingga berdampak terhadap potensi penjualan dan keuntungan usaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alford, P & Page, S.J (2015) Marketing technology for adoption by small business. The Service Industries Journal, 2015 Vol. 35, Nos. 11–12, 655–669

Anggiani. S. (2018). Kewirausahaan: Pola Pikir, Pengetahuan, Keterampilan. Jakarta: Prenadamedia Group

Asri, N., Fadilah, E., Basith, A.A. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata dan Kearifan Lokal di Pantai Sayang Heualang Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12): 1-4

Batubara, M.H., Nurmalina, N., Nasution, A.K.P., Agusmawati, A., Maharani, A. (2021). Pelatihan Media Sosial Instagram Untuk Sarana Promosi Ekowisata. JPMA – Jurnal Pengabdian Masyarakat As Salam, 1(1): 1–8

Elwani, R.S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1): 64-80

Kautsarina. (2013). Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 17(2). 135-148.

Kompas. 20 Juni 2006. “Strategi Ekonomi, Pemerintah Prioritaskan 10 Komoditas”. Kompas. Jakarta

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jakarta : Penerbit Erlangga

Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2).

Moriansyah, La. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 19(3): 187-196.

Muthaher, O., & Assegaf, M. (2014). Model Pengembangan Inovasi Teknologi Dan Kelembagaan Kemitraan Rantai Pasok Guna Meningkatkan Daya Saing UKM. EKOBIS, 62-73.

Octalyra, R., Dwi, C., Ananda, K. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Promosi usaha atau Bisnis Bagi Remaja di Daerah Cikokol Tangerang. ADIMAS: Adi Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2)

Permana, S.H. (2017) Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 8 (1), Juni 2017

Prayitno, Agus. Yulia Safitri. 2015. Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Volume 1 No 1-2015. ISSN: 2461-0690

Qurniawati & Rina, S. (2018). Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial. Jurnal Among Makarti 11(21): Juli 2018.

Roisah, R., Hakim, L., Mukminin, A. (2018). Strategi Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi UKM Baju Bayi Indra Collection). Jurnal Abdimas BSI. 1(2): 340 – 347.

Stanton, William J. 1978. Fundamentals of Marketing. Edisi Kelima. Tokyo : Kogokusha, Mc Graw-Hill Book Company

Swasta, Basu DH dan Irawan. 1983. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Penerbit Liberty

Swastha, Basu DH. 1981. Azas-Azas Marketing. Edisi Kedua Revisi. Yogyakarta : Penerbit Liberty

Taiminen, H., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22 (4), 633-651.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV UPI, 327-337.

Widhajati, E., Nurani., Minarni, E., Eldon, M. (2021). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di PLUT KUMKM Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tulungagung (JANITA). 1(1): 45-52

Yudhiartika, D., & Haryanto, J. (2012). Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi, 17(2), 142–156. http://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/2187

Yunita, A.M., Sugiarto, A., Rizki, R., Susilawati, S., Hakim, Z., Wardah, N.N. (2022). Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Desa Dengan Penerapan E-surat Berbasis Web Di Desa Sukacai. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1): 188-193. DOI: 10.30653/002.202271.31

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Karya, D., Yunita, R. R., Zulkifli, Z., Pratama, E., & Ritonga, A. (2022). PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA MASYARAKAT DI DESA KOTO MASJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 553–559. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.232