PENDAMPINGAN DAN PENGUATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMPS SWADAYA TARUS
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.216Keywords:
Pendampingan, Gerakan Literasi Sekolah, SMPS SwadayaAbstract
SMP Swasta Swadaya Tarus merupakan salah satu sekolah swasta yang terletak di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) yang beralamat di Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Berdasarkan hasil observasi dijumpai bahwa sarana prasarana penunjang gerakan literasi sekolah sangat minim, seperti kurangnya buku ataupun bahan bacaan nonpelajaran dalam perpustakaan sekolah, juga dijumpai dalam ruang belajar belum terdapat pojok baca, serta sekolah juga belum memiliki instrumen lietrasi. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman warga sekolah tentang gerakan literasi sekolah sangat rendah. Adapun solusi yang ditawarkan dalam PKM ini yaitu 1). Pengenalan tahapan gerakan literasi sekolah (GLS), 2). Membentuk tim literasi sekolah (TLS), 3). Membantu penyediaan fasilitas penunjang seperti pengadaan bahan bacaan nonpelajaran, poster promosi gerakan membaca, menata pojok baca dalam ruang kelas, 4). Membuat instrument evaluasi program GLS berupa jurnal membaca harian. Metode pelaksanaan PKM dilakukan melalui tahapan Sosialisasi, Pendampingan penyusunan instrument dan desain pojok baca, serta membantu sekolah dalam membentuk tim lietrasi sekolah. Berdasarkan pelaksanaan PKM menghasilakan adanya pemahaman dan pengetahuan warga sekolah terkait gerakan literasi sekolah, sekolah memiliki instrument literasi berupa jurnal membaca harian, tersedianya pojok baca disalahsatu ruang belajar, serta terbentuknya tim literasi sekolah (TLS).
Downloads
References
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.
Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah Sebagai Aspek Manajemen Dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.
Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.
Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 3(2)
KEMENDIKBUD (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertam.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.