OPTIMALISASI PENGELOLAAN POTENSI DESA BUMDES KONBAKI KECAMATAN POLEN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Authors

  • Arista Marlince Tamonob Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Kristen Artha Wacana
  • Herry Aprilia Manubulu Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.205

Keywords:

Potensi Desa, Madu, Labelling, Pupuk Bokashi, Konbaki

Abstract

BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) lahir sebagai sarana perjuangan desa untuk membantu meningkatkan perekonomian desa. Salah satu BUMDes yang ada adalah BUMDes Konbaki yang usahanya hanya sebatas persewaan kursi dan tenda, padahal di Desa Konbaki banyak potensi desa yang belum termanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu dilakukan optimalisasi potensi desa dengan pelatihan pengemasan produk madu dan pembuatan pupuk bokashi dengan memanfaatkan daun kering yang ada di desa. Mitra dapat membuat kemasan madu yang menarik dan lebih higienis serta memproduksi pupuk bokashi dari daun kering. Pada akhirnya mitra dapat meningkatkan pendapatan BUMDes melalui usaha yang lebih produktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ramadhana. 2013. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penguatan Ekonomi Desa dalam Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.1 No.6.

Witarsa, U. 2018. Bokashi. Diakses dari https://dlhk.bantenprov.go.id/upload/article/Tulisan_BOKASHI.pdf pada tanggal 10 Januari 2022.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Tamonob, A. M., & Manubulu, H. A. (2023). OPTIMALISASI PENGELOLAAN POTENSI DESA BUMDES KONBAKI KECAMATAN POLEN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–16. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.205