PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH

Authors

  • Chrisnawati STIKES Suaka Insan

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.204

Keywords:

Pencegahan, Demam Berdarah, Penyuluhan Kesehatan, Pengetahuan, Antusias

Abstract

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang dominan hidup di wilayah tropis dan subtropis seperti Indonesia. Demam berdarah jika tidak cepat ditangani akan menyebabkan terjadinya perdarahan bahkan dengan kematian pada usia anak sampai dengan dewasa. Kota Banjarmasin dengan mayoritas kondisi tempat tinggal di atas perairan dan padat penduduk tempat tinggal sebagian warga sehingga cenderung rawan untuk sarang nyamuk sebagai penyebab demam berdarah. Perubahan iklim dan kondisi alam tidak dapat diprediksi dan dirubah maka masyarakat diharapkan mampu beradaptasi dengan mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan musim. Dalam mempersiapkan masyarakat beradaptasi maka perlu dibekali dengan pengetahuan dan informasi yang mudah dipahami dan menggunakan kearifan lokal untuk mencegah kemungkinan terkena penyakit khususnya demam berdarah.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pencegahan dan penanganan awal pasien demam berdarah. Metode yang digunakan dalam Pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidikan kesehatan melalui penyuluhan pada warga RT 60 RW 04 gang Bangun Utama pada Kelurahan Pelambuan kota Banjarmasin Barat sebanyak kurang lebih 30 peserta yang tinggal di dekat perairan dengan padat penduduk. Hasil menunjukan ada peningkatan pengetahuan dari 20 % kepada 95% dan antusias dari masyarakat setelah diberikan informasi mengenai penyakit demam berdarah, pencegahan menggunakan tanaman pengusir nyamuk dan ikan pemakan jentik menjadi salah satu rekomendasi dari hasil kegiatan ini. Masyarakat tetap mengharapkan informasi-informasi kesehatan lain dengan masalah penyakit tidak menular dan pencegahannya juga menjadi topik untuk disampaikan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M Isra, Warjiman, and Chrisnawati. "Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan media video terhadap tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat." Jurnal Keperawatan Suaka Insan volume 3 no 2 (2018): 1-9.

KP, E. (2022, Agustus 4). Pancaroba Bikin Kasus DBD Di Banjarmasin Melonjak. Retrieved Oktober 12, 2022, from Kalimantan Post Asli Koran Banua: https://kalimantanpost.com/2022/08/pancaroba-bikin-kasus-dbd-di-banjarmasin-melonjak/

Notoadmojo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan (I ed.). JAKARTA: PT RINEKA CIPTA.

Rahmiati, Hayatie, L., Khalfi, M. L., Aulia, I., & Sufiani, H. (2021). Analisis Prediksi Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue Di Kota Banjarmasin. Enviro Scienteae, 109.

RI, K. (2016). Petunjuk Teknis Implementasi PSN 3M Plus Dengan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sinaga, S., Damanik, C., Yakolina, M., Khalid, I., & Indriani, E. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Kegiatan Konseling Informasi Edukasi Mengenai Penyakit Demam Berdarah Dengue Pada Anak Dan Penerapan PHBS Untuk Pencegahan Penyakit DBD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ners Wiyata, 31 - 40.

Widyawati. (2021, Januari 20). Data Kasus Terbaru DBD Di Indonesia. Retrieved Oktober 12, 2022, From Sehat Negeriku Sehatlah Bangsaku; https://sehatnegeriku.kemkes.go,id/baca/umum/20201203/2335899/data-kasus-terbaru-dbd-indonesia/

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Chrisnawati, C. (2022). PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 516–521. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.204