Peningkatan Keterampilan Menulis Berbasis Kearifan Suku Sasak Dengan Pendekatan Kolaboratif
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i10.1771Keywords:
Lokal, Kolabortaif, Keterampilan menulis, Mahasiswa, Sasak, Pembelajaran KontekstualAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa melalui pendekatan kolaboratif berbasis kearifan lokal Suku Sasak. Latar belakang kegiatan ini didasari oleh rendahnya kemampuan menulis mahasiswa serta kurangnya pemanfaatan nilai-nilai budaya lokal sebagai sumber inspirasi dalam pembelajaran bahasa. Kegiatan dilaksanakan pada mahasiswa S1 Farmasi Universitas Bumigora yang mayoritas berasal dari suku Sasak Lombok. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Collaborative Writing Learning Model dengan tahapan analisis kebutuhan, pengenalan kearifan lokal, pelatihan menulis kolaboratif, peer review, serta evaluasi hasil. Data dikumpulkan melalui dua kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan menulis mahasiswa, baik dalam teks naratif maupun deskriptif, dengan skor rata-rata evaluasi mencapai (4,3–4,8) dalam kategori “baik” hingga sangat baik. Selain itu, mahasiswa menunjukkan peningkatan motivasi, kemampuan berpikir kritis, serta rasa bangga terhadap identitas budaya Sasak. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan kolaboratif berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan kompetensi menulis sekaligus memperkuat nilai karakter dan budaya dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi.
Downloads
References
Akhbar, H., R, W. H., & Sofia, M. (2025). Enhancing Critical Thinking Through Collaborative Learning in Digital Business Student Assosiations. International Student Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management (ISC-BEAM), 3(1), 441–451. https://doi.org/10.21009/isc-beam.013.27
Alfiati, & Ediyono, S. (2019). Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334
De Felice, S., Hamilton, A. F. D. C., Ponari, M., & Vigliocco, G. (2023). Learning from Others is Good, with Others is Better: The Role of Social Interaction in Human Acquisition of New Knowledge. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 378(20210357), 1–12. https://doi.org/10.1098/rstb.2021.0357
Helaluddin, Nurhayati, Nadya, N. L., Ismail, G., Guntur, M., & Fransori, A. (2023). The Use of Collaborative Strategies to Improve Students’ Writing Ability and Self-Efficacy: A Mixed Method Study. European Journal of Educational Research, 12(1), 265–280. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.265
Ismail, A. (2021). Model Pembelajaran Kolabaratif Menulis Akademik Bahasa Inggris. Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
Kruger, C. G., & Buley, J. (2022). Collaborative Learning to Foster Critical Reflection by Pre-service Student Teachers within a Canadian–South African Partnership. Journal of Teaching and Learning, 16(3), 69–95. https://doi.org/10.22329/jtl.v16i3.7203
Mardiana, W., Rizky Putri Octaviany, Wiwin Windayanti, & Farah Annisa. (2022). Proyek Menulis Teks Naratif Digital Berbasis Budaya Lokal Melalui Book Creator Untuk Mendukung Kreatifitas Dan Berfikir Kritis Mahasiswa. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 9(2), 234–243. https://doi.org/10.33541/dia.v9i2.4225
Moonma, J., & Kaweera, C. (2022). A Study of Critical Thinking Skills Practice in Collaborative Writing in EFL Context. Asian Journal of Education and Training, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.20448/edu.v8i1.3656
Nasution, G., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Systematic Literature Review : Strategi dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang , Indonesia Bahasa Indonesia memiliki empat Model Terpadu Buku Cerita Rakyat , Ungkapan , dan Perib. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(2), 308–316. https://doi.org/Https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1593
Pham, V. P. H. (2023). The Impacts of Collaborative Writing on Individual Writing Skills. Journal of Psycholinguistic Research, 1–16.
Radović, S., Firssova, O., Hummel, H. G. K., & Vermeulen, M. (2023). The Case of Socially Constructed Knowledge through Online Collaborative Reflection. Studies in Continuing Education, 45(2), 168–187. https://doi.org/10.1080/0158037X.2022.2029389
Rasiban, L. M., Dahidi, A., & Widianti, S. (2018). Peer Feedback untuk Mengembangkan Kegiatan Menulis Bahasa Jepang di Kelas Menulis Bahasa Jepang (Sakubun). JOurnal of Japanese Language Education and Linguistics, 2(2), 294–314.
Reznani, N. S. (2024). Pengaruh Teknik Peer Assessment terhadap Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. MULTIPLE: Journal of Global and Multidiciplinary, 2(2), 1060–1069.
Saputra, A. D., Fauziah, F. N., & Suwandi, S. (2022). Pemanfaatan materi ajar bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal di SMA Negeri 1 Karanganyar. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 335–348. https://doi.org/Https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21726
Schürmann, V., Bodemer, D., & Marquardt, N. (2025). Exploring the Use of Regular Reflections in Student Collaboration: A Case Study in Higher Education. Frontiers in Education, 10(March), 1–16. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1526487
Silitonga, I. D. B., Purba, N. A., & Yolanda, S. R. A. (2024). Media Animasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Kelas VII-3. DE-JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 854–863. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1470
Syamhari, & Nasrum. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Budaya Lokal Menggunakan Metode Inquiry Mahasiswa Semester VI Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar. AL MIKRAJ:Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(2), 238–252. https://doi.org/Https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Widhiyanto. (2011). Pembelajaran Collaborative Writing dalam Peningkatan Mutu Proposal Penelitian Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(1), 39–47. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5623
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dedi Aprianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








