Pengembangan Modul Edukasi Keuangan Digital: Strategi Pengabdian untuk Meningkatkan Resiliensi Ekonomi Generasi Muda terhadap Pinjaman Online dan Investasi Berisiko
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i5.1759Keywords:
Literasi Keuangan Digital, Teknologi Finansial (Fintech), Pengabdian Masyarakat, Generasi Muda, Keamanan SiberAbstract
Perkembangan teknologi finansial (fintech) yang pesat di Indonesia telah menciptakan tantangan baru, terutama bagi generasi muda. Fenomena seperti jeratan pinjaman online (pinjol) ilegal, penipuan investasi, dan kejahatan siber finansial terus meningkat, menandakan bahwa literasi keuangan konvensional tidak lagi memadai. Kesenjangan pengetahuan ini mengakibatkan kerentanan ekonomi yang serius di kalangan anak muda. Tujuan dari kegiatan pengabdian yang dirancang dalam artikel konseptual ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk intelektual berupa modul edukasi keuangan digital yang komprehensif, relevan, dan terstruktur. Metode yang digunakan adalah pendekatan rancang bangun (design and build) yang didasarkan pada analisis kebutuhan dan studi literatur mengenai risiko finansial digital terkini. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah modul edukasi "DIGI-FIN WISE" yang terdiri dari empat pilar materi terintegrasi: (1) Literasi Fintech Lending, untuk membedakan platform legal dan ilegal; (2) Pengenalan Investasi Digital, dengan penekanan pada pemahaman profil risiko; (3) Keamanan Siber Finansial, untuk melindungi data pribadi dari rekayasa sosial; serta (4) Simulasi dan Studi Kasus, untuk melatih kemampuan analisis dan berpikir kritis. Modul "DIGI-FIN WISE" ini menawarkan solusi terstruktur dan diharapkan dapat berfungsi sebagai cetak biru bagi akademisi, praktisi, dan institusi dalam menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang efektif untuk meningkatkan resiliensi ekonomi generasi muda di era digital.
Downloads
References
Atkinson, A., & Messy, F. (2012). Measuring Financial Literacy: Results of the OECD / International Network on Financial Education (INFE) Pilot Study. OECD Publishing.
Brown, M. (2016). Student Financial Well-Being: Results of the 2014 National Student Financial Wellness Study. The Ohio State University.
Corter, J. E., & Chen, Y. J. (2006). Do investment risk tolerance attitudes predict portfolio risk? Journal of Business and Psychology, 20(3), 369–381.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Pearson.
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415.
Grazioli, S., & Jarvenpaa, S. L. (2003). Deceived by a clever trick: A model of deception detection in online commerce. IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics-Part A: Systems and Humans, 33(4), 384-396.
Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of Instructional Development Models (4th ed.). ERIC Clearinghouse on Information & Technology.
Hastings, J. S., Madrian, B. C., & Skimmyhorn, W. L. (2013). Financial literacy, financial education, and economic outcomes. Annual Review of Economics, 5(1), 347-373.
JPMorgan Chase & Co. (2020). Cybersecurity: Our shared responsibility. JPMorgan Chase & Co.
Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels (3rd ed.). Berrett-Koehler Publishers.
Luce, M. F. (2005). Decision making as coping. Health Psychology, 24(4S), S23–S28.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44.
Morgan, P. J., & Trinh, L. Q. (2019). Fintech and Financial Inclusion in Southeast Asia. Asian Development Bank Institute.
Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021-2025. OJK.
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Siaran Pers: OJK Terus Berantas Pin ilegal dan Perkuat Perlindungan Konsumen. OJK.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1-6.
Reigeluth, C. M. (Ed.). (1999). Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory (Vol. 2). Lawrence Erlbaum Associates.
Satuan Tugas Waspada Investasi. (2022). Laporan Tahunan Satgas Waspada Investasi.
Shiller, R. J. (2019). Narrative Economics: How Stories Go Viral and Drive Major Economic Events. Princeton University Press.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Page
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ari Cahyani, Ahyar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








