Pelatihan Penulisan Esai Sastra Digital untuk Mendukung Literasi dan Kreativitas di Era Globalisasi

Authors

  • Lestari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Irfan Program Studi Bahasa dan Sastra, FKIP, Muhammadyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i5.1742

Keywords:

Esai Sastra Digital, Literasi, Kreativitas, Globalisasi, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan penulisan esai sastra digital sebagai upaya mendukung penguatan literasi dan kreativitas masyarakat di era globalisasi. Transformasi digital telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan karya sastra, sehingga diperlukan strategi baru dalam menulis, mendistribusikan, dan mengapresiasi teks sastra. Pelatihan ini melibatkan peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang memiliki minat dalam penulisan kreatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan tahapan identifikasi kebutuhan, pelatihan teori dan praktik, pendampingan menulis esai digital, serta publikasi karya melalui media daring. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam mengembangkan ide, menyusun struktur esai sastra, serta memanfaatkan media digital sebagai ruang ekspresi. Selain itu, pelatihan ini turut menumbuhkan sikap apresiatif terhadap karya sastra serta memotivasi peserta untuk menjadikan literasi digital sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Dampak jangka panjang diharapkan dapat mendorong terbentuknya komunitas sastra digital yang produktif dan berdaya saing di tengah arus globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bardi, Y., Bura, A. E. T. A., Nati, M. C. A., Weka, W. K., Sulaiman, S., & Sue, Y. S. (2025). Penerapan Metode Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Restorasi Doreng. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 270–287.

Fuaidah, F. (2025). Analisis Program Cipta Karya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di SDI Bani Hasyim Singosari Malang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mas’ ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9–21.

Putrayasa, I. M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Transformasi literasi di era digital: Tantangan dan peluang untuk generasi muda. Education and Social Sciences Review, 5(2), 156–165.

Rizal, M. A. S., Kholik, K., Faizi, A., Kholiq, A., & Azizan, Y. R. (2024). Masa Depan Sastra Di Era Digital: Kajian Sastra Sibernetik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 7574–7590.

Sayogha, A. S., & Rahmaputri, N. K. A. (2023). Pentingnya Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Penguatan Karakter Peserta Didik. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 3(1), 179–202.

Wardani, I. A. S. R., & Shofiyuddin, H. (2024). Peran Koran Digital dalam Transformasi Sastra Indonesia Kajian Sosiologi Sastra di Era Tekhnologi. Prosiding Konferensi Nasional Mahasiswa Sastra Indonesia (KONASINDO), 1, 273–284.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Lestari, L., & Irfan, M. (2025). Pelatihan Penulisan Esai Sastra Digital untuk Mendukung Literasi dan Kreativitas di Era Globalisasi. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 876–881. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i5.1742