Pemberdayaan Anak Melalui Pelatihan Mewarnai untuk Meningkatkan Keterampilan Kreatif di Sekolah Dasar

Authors

  • Zakir Burhan Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Fadma Rosita Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i5.1738

Keywords:

pelatihan, mewarnai, kreativitas anak, pemberdayaan, sekolah dasar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberdayakan anak sekolah dasar melalui pelatihan mewarnai sebagai upaya meningkatkan keterampilan kreatif mereka. Kreativitas anak pada usia sekolah dasar merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif, emosional, dan sosial, sehingga membutuhkan dukungan berupa kegiatan yang menyenangkan sekaligus edukatif. Metode kegiatan dilakukan melalui pendekatan partisipatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mewarnai, mulai dari pengenalan teknik dasar, pemilihan warna, hingga praktik langsung dengan media yang bervariasi. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan mewarnai mampu meningkatkan minat anak dalam berkarya, memperkaya keterampilan motorik halus, serta memunculkan ide-ide kreatif yang orisinal. Selain itu, anak menjadi lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri melalui karya seni sederhana. Pengabdian ini juga menegaskan pentingnya dukungan berkelanjutan dari sekolah dan guru dalam menyediakan ruang kreatif bagi siswa. Dengan demikian, pelatihan mewarnai terbukti efektif sebagai media pemberdayaan anak di sekolah dasar guna mendukung pengembangan potensi kreatif sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erfain, E. (2025). Kekuatan Komunitas Lokal Sebagai Pilar Masyarakat Sipil. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(6), 123–134.

Fatuchah, F. (2021). Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga [Master’s Thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)]. https://search.proquest.com/openview/e59201870be7375bd9efad74236a81f9/1? pq-origsite=gscholar&cbl=2026366&diss=y

ilmi Yunianti, N., & Maknun, L. (2024). Mendorong Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Seni dalam Sekolah Dasar. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(4), 1752–1764.

Karowista, I. (2020). LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR REATIVE HUB SAMPAH PLASTIK DI DENPASAR, BALI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN [PhD Thesis]. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

LESTARI, C. A. (2022). Penerapan Metode Bermain Balok dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Didik di Play Group Tri Putri Kelurahan Sudiang Raya Kota Makassar.

Rohani, I., Dewi, A. P., Huda, F., & Faizah, S. K. (2025). Penguatan Solidaritas Sosial dan Ekonomi Kerakyatan Melalui Program Gebyar Ramadhan di Desa Karangpatihan Ponorogo. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 51–69.

Triono, T. A. (2025). Konsep Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal: Hamemayu Hayuning Bawana Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Society Bridge, 3(1), 27–38.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Burhan, Z., & Rosita, F. (2025). Pemberdayaan Anak Melalui Pelatihan Mewarnai untuk Meningkatkan Keterampilan Kreatif di Sekolah Dasar. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 842–847. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i5.1738