Peningkatan Kapasitas Guru Inklusi: Pelatihan Deteksi Dini dan Intervensi Perilaku untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Lombok Tengah

Authors

  • Amikratunnisyah Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Sri Wahyuningsih Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Didin Pratama Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i2.1725

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Deteksi Dini, Guru, Inklusi

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru inklusi di Kabupaten Lombok Tengah dalam menerapkan deteksi dini serta modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah masing-masing. Metode pelatihan yang digunakan meliputi psikoedukasi, diskusi, dan praktik deteksi dini dengan metode wawancara dan observasi. Mitra pengabdian adalah guru-guru sekolah inklusi yang tergabung dalam Musyawarah Guru Pembimbing Khusus (MGPK) Kabupaten Lombok Tengah (sebagai kelompok mitra awal) serta guru dari sekolah inklusi Smart Kids. Kegiatan utama yang dilaksanakan adalah Psikoedukasi deteksi dini karakteristik ABK dan pelatihan modifikasi perilaku, yaitu reinforcement dan token economy. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap karakteristik siswa berkebutuhan khusus dan kemampuan dalam penerapan modifikasi perilaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Z., Ingarianti, T. M., & Suryaningrum, C. (2016). Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Psychology Forum.

Cartwright, M. (2007). Psychoeducation Among Caregivers of Children Receiving Mental Health Services. The Ohio State University.

Heward, W. L. (2002). Exceptional Children: An Introduction to Special Education. Prentice Hall.

Nelson-Jones, R. (1982). The Theory and Practice of Counselling Psychology. Holt, Rinehart and Winston.

Pfeiffer, J. W., & Jones, J. E. (1979). A Handbook of Structures Experiences for Human Relations Training (Vol. VIII). Pfeiffer.

Supratiknya, A. (2011). Merancang Program Modul: Psikoedukasi (Edisi Revisi). Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/12880/1/2011 Merancang Program dan Modul Psikoedukasi Edisi Revisi.pdf

Suran, B. G., & Rizzo, J. V. (1979). Special Children: An Integrative Approach. Scott, Foresman & Company.

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas, 13(1), 50–61. https://doi.org/10.26555/HUMANITAS.V13I1.3843

data.dikdasmen.go.id. (n.d.). https://data.dikdasmen.go.id/data-induk/ptk/050000/056100

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Amikratunnisyah, A., Wahyuningsih, S., & Pratama, D. (2025). Peningkatan Kapasitas Guru Inklusi: Pelatihan Deteksi Dini dan Intervensi Perilaku untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Lombok Tengah. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 753–759. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i2.1725