Pemberdayaan Guru Paud dalam Metode Bermain dan Belajar Kreatif di Kecamatan Suralaga
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i8.1541Keywords:
Pemberdayaan Guru, Bermain Dan Belajar Kreatif, Media PembelajaranAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter, kecerdasan, dan keterampilan sosial anak. Namun, kondisi di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, menunjukkan sebagian besar guru PAUD belum memiliki kompetensi memadai dalam menerapkan metode bermain kreatif sehingga pembelajaran cenderung monoton dan kurang menstimulasi perkembangan anak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberdayakan guru PAUD melalui peningkatan pemahaman, keterampilan, dan kreativitas dalam merancang pembelajaran berbasis bermain. Metode pelaksanaan meliputi empat tahap, yaitu: (1) persiapan dengan identifikasi kebutuhan guru dan analisis sarana belajar; (2) pelatihan berbasis praktik pembuatan media edukatif dari bahan daur ulang; (3) pendampingan intensif dalam penyusunan serta implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) berbasis bermain kreatif; dan (4) evaluasi melalui pre-test, post-test, serta observasi kelas. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 35% mengenai konsep bermain kreatif serta keterampilan dalam membuat media sederhana. Anak-anak terlihat lebih aktif, antusias, dan berkembang dalam aspek motorik, kognitif, serta sosial-emosional melalui kegiatan variatif. Pendampingan mendorong guru lebih percaya diri dan inovatif, sementara evaluasi memperlihatkan perbaikan signifikan kualitas pembelajaran. Kesimpulannya, program ini efektif menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, sekaligus menghadirkan model pembelajaran kreatif yang kontekstual dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu PAUD di Suralaga.
Downloads
References
Aliyah, R., Nursalim, M., & Purwoko, B. (2025). Penerapan strategi kreatif dalam pembelajaran inklusif di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(2), 320–329.
Apriyani, D. (2021). Keterbatasan Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 123–135.
Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Timur. (2025). Data Lembaga PAUD di Kecamatan Suralaga. Laporan Tahunan.
Hamida, M., & Hardiansyah, R. (2025). Implementasi prinsip bermain sambil belajar dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal, 10(2), 115–128.
Kurniawati, A., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2024). Enhancing early childhood education teachers’ creativity through professional development training program. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 141-149.
Lestari, A., Hoerniasih, N., & Suminar, U. (2024). Penggunaan metode bermain pembangunan dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini (Studi di PAUD Percontohan Plamboyan 3 Karawang). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(2), 101-110.
Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional: Membangun Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Negara, T. D. W., & Fauziah, H. N. (2025). Empowerment edukatif guru PAUD dalam pembuatan alat permainan edukasi ramah anak inklusi berorientasi SALINGTEMAS. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 45–59.
Piaget, J. (1962). Play, Dreams and Imitation in Childhood. Norton & Company.
Saputri, W. D., Mahardani, A. J., & Wulansari, B. Y. (2024). Enhancing early childhood creativity through project-based learning: Indonesian traditions at KJRI Penang. Lectura: Jurnal Pendidikan, 15(2), 497-508.
Sundari, S., & Choiriyah, C. (2024). The efforts to improve the creativity of early children through project learning in PAUD Durian 1 Ciputat Timur. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(2), 112-120.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wahyuningsih, S., Rasmani, U. E. E., Winarji, B., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, Fitrianingtyas, & Zuhro, N. S. (2024). Enhancing early childhood teachers’ creativity through the implementation of the Merdeka curriculum: An experimental study in Surakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(4), 747-756.
Yuliani Nurani, S., et al. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif dari Bahan Bekas pada Guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 101–110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heri Sopian Hadi, Muhammad Taufik, Muharris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








