Pelatihan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Inquiry di MTS NW Ijobalit
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i7.1539Keywords:
Pelatihan Guru, Inquiry-Based Learning, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran AktifAbstract
Transformasi pendidikan melalui Kurikulum Merdeka menuntut guru menghadirkan pembelajaran yang menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif. Salah satu pendekatan yang relevan adalah Inquiry-Based Learning (IBL), yang menekankan proses bertanya, menyelidiki, menganalisis, dan merefleksi. Hasil observasi di MTS NW Ijobalit menunjukkan bahwa pemahaman dan praktik guru terhadap IBL masih terbatas, cenderung mengandalkan metode ceramah, serta terhambat keterbatasan fasilitas. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan IBL sesuai prinsip Kurikulum Merdeka melalui pelatihan berbasis praktik. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan guru sejak tahap perencanaan hingga evaluasi. Kegiatan meliputi analisis kebutuhan dan penyusunan modul, pelatihan dan workshop, praktik microteaching dan lesson study, pendampingan kelas serta evaluasi perangkat ajar, hingga refleksi keberlanjutan melalui komunitas belajar guru. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru merancang serta melaksanakan pembelajaran berbasis inquiry. Guru lebih percaya diri menggunakan pertanyaan terbuka, memfasilitasi diskusi, dan mendorong eksplorasi siswa. Evaluasi juga memperlihatkan peningkatan kualitas perangkat ajar dan partisipasi siswa dalam kelas. Kesimpulannya, pelatihan berbasis praktik dan berkelanjutan efektif meningkatkan kompetensi guru, membangun budaya inquiry, serta memperkuat peran guru sebagai fasilitator pembelajaran aktif sesuai semangat Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Arifin, M. (2023). Tantangan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 45–56. https://doi.org/10.21009/jip.v12i1.23456
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.
Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers’ professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational Researcher, 38(3), 181–199. https://doi.org/10.3102/0013189X08331140
Ginting, A. M., Asnewastri, Hutauruk, A. F., Hasugian, J. H., Khairunnisa, E., Lia Suci, H., & Sembiring, H. (2024). Pelatihan dan pengembangan metode pembelajaran inquiry learning dengan pendekatan inquiry-based open resource untuk implementasi Kurikulum Merdeka di MAS Al-Khairiyah Pematang Siantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(1), 55–66. https://jurnal.usi.ac.id/index.php/JPMSMH/article/view/844
Hariani, A., & Yusnaldi, E. (2024). Developing inquiry-based learning modules to enhance critical thinking: A study on “My Indonesia is Rich” social studies material. Journal of Social Work and Science Education, 5(2), 300–313. https://ejournal.sembilanpemuda.id/index.php/jswse/article/view/1252
Hmelo-Silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2007). Scaffolding and achievement in problem-based and inquiry learning: A response to Kirschner, Sweller, and Clark (2006). Educational Psychologist, 42(2), 99–107. https://doi.org/10.1080/00461520701263368
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi untuk Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbudristek.
Lewis, C. (2016). How does lesson study improve mathematics instruction? ZDM Mathematics Education, 48(4), 571–580. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0792-x
National Research Council. (2000). Inquiry and the national science education standards: A guide for teaching and learning. Washington, DC: National Academy Press.
Sari, D. P., & Putra, A. (2022). Strategi pengembangan profesional guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 133–144. https://doi.org/10.24832/jpk.v7i2.19567
Sephiawardani, N. A., & Bektiningsih, K. (2023). Review of teacher readiness in implementing Merdeka Curriculum at public elementary schools. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 56(3), 112–125. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/67628
Stoll, L., Bolam, R., McMahon, A., Wallace, M., & Thomas, S. (2006). Professional learning communities: A review of the literature. Journal of Educational Change, 7(4), 221–258. https://doi.org/10.1007/s10833-006-0001-8
Sutimah, & Tyas, D. N. (2023). Implementasi model pembelajaran inquiry based learning pada mata pelajaran IPAS dalam konteks Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 11234–11245. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/8307
Telaumbanua, R. S., Waruwu, Y., Zebua, E. P., & Harefa, A. T. (2024). Implementing inquiry learning strategy to improve students’ thinking ability of SMPN 6 Gunungsitoli in 2023/2024. JELITA: Journal of English Language Teaching and Literature, 5(1), 98–112. https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/jelita/article/view/830
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Natasya Gustina, Rahayu Fitriani, Juliana artanti, Yulia Hardiyanty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








