Gerakan Literasi Alam: Optimalisasi Lingkungan Sebagai Media Belajar Kontekstual Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i7.1536Keywords:
Literasi Alam, Pembelajaran Kontekstual, Sekolah Dasar, Outdoor LearningAbstract
Pengabdian ini bertujuan mengembangkan Gerakan Literasi Alam sebagai strategi pembelajaran kontekstual yang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan literasi alam siswa sekaligus memperkuat kapasitas guru dalam merancang pembelajaran berbasis konteks nyata. Gerakan ini dirancang untuk menjawab kesenjangan antara kondisi riil, di mana literasi lingkungan masih bersifat insidental dan belum terintegrasi dalam kurikulum, dengan kondisi ideal berupa pembelajaran tematik yang sistematis, berkelanjutan, dan berorientasi pada pembentukan karakter peduli lingkungan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif kolaboratif dengan melibatkan siswa, guru, orang tua, dan komunitas lokal di Desa Toya, Kecamatan Aikmel. Tahapan kegiatan meliputi persiapan (analisis kebutuhan dan penyusunan modul), pelatihan guru melalui workshop tentang Contextual Teaching and Learning (CTL) serta outdoor learning, implementasi pembelajaran tematik berbasis lingkungan, serta monitoring dan evaluasi. Evaluasi dilaksanakan melalui pre-test dan post-test sederhana bagi siswa serta kuesioner bagi guru untuk menilai peningkatan literasi alam dan keterampilan pedagogis. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan pengetahuan lingkungan melalui aktivitas langsung, seperti observasi ekosistem, pengelolaan sampah, dan pembuatan kompos. Guru juga lebih terampil merancang RPP berbasis CTL dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Keterlibatan komunitas mendukung keberlanjutan program, sehingga Gerakan Literasi Alam terbukti efektif mentransformasi budaya sekolah menuju pendidikan yang kontekstual, partisipatif, dan berkelanjutan.
Downloads
References
Ariani, D., & Sudarsono, H. (2021). Pengembangan modul pembelajaran berbasis lingkungan untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 145–156. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id
Astuti, R. (2021). Mengenal alam sekitar: Upaya meningkatkan literasi sains siswa melalui pembelajaran kontekstual (CTL). Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 115–124. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin/article/view/2182
Faradillah, D., Dewi, S., & Yuniar, R. (2022). Analisis peningkatan pemahaman siswa SD dan SMP terhadap pembelajaran IPA melalui pemanfaatan lingkungan dan optimasi literasi sains. Eduproxima: Jurnal Pendidikan, 4(1), 45–56. Retrieved from https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/article/view/5969
Hidayat, R. (2020). Model gerakan literasi lingkungan berbasis komunitas sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 21(1), 33–45. Retrieved from http://ejournal.upi.edu
Hidayat, T. (2020). Model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 23–34. Retrieved from http://ejournal.upi.edu
Ismiyanti, F. (2019). Tingkat literasi membaca siswa sekolah dasar dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 421–432. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id
Komalasari, K. (2017). Implementasi contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 12–24. Retrieved from http://journal.uny.ac.id
Kusumawati, H., Pratiwi, N., & Lestari, A. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa materi pelestarian lingkungan melalui pendekatan contextual teaching and learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 77–85. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/14629
Nugraha, A. (2021). Evaluasi literasi lingkungan di sekolah dasar: Pengembangan instrumen penilaian holistik. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 9(2), 78–90. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id
Rahman, A. (2021). Penerapan model outdoor learning untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 101–110. Retrieved from https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2125
Rahmawati, F. (2020). Implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran berbasis lingkungan. Jurnal Pendidikan, 25(3), 188–198. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id
Rahmawati, L. (2020). Outdoor learning sebagai strategi meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 22–31. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id
Sari, N. (2020). Penerapan outdoor learning pada pembelajaran tematik siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1627–1637. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1165
Suryani, D. (2021). Kendala implementasi pembelajaran berbasis lingkungan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2025–2036. Retrieved from http://jurnalbasicedu.org
Suryani, E. (2021). Pendampingan guru dalam implementasi pembelajaran berbasis lingkungan untuk meningkatkan keterampilan literasi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1723–1734. Retrieved from http://jurnalbasicedu.org
Suryani, E. (2021). Pendampingan guru dalam implementasi pembelajaran berbasis lingkungan untuk meningkatkan keterampilan literasi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1723–1734. Retrieved from http://jurnalbasicedu.org
Wahyuni, E. (2020). Implementasi program Adiwiyata dalam membentuk budaya peduli lingkungan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 89–101. Retrieved from http://jurnal.fkip.unmul.ac.id
Wahyuni, S. (2020). Integrasi literasi lingkungan dalam pembelajaran tematik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 56–67. Retrieved from http://jurnal.fkip.unmul.ac.id
Yuliasih, I., Suryanti, D., & Gunansyah, G. (2022). Profil literasi lingkungan siswa dalam mendukung SDGs di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 130–139. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24763
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Azy' Ari, Haeruddin Azhari, Novandi Firdaus Yusup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








