PKM PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMASAN SABUN HERBAL KELOR, SEREH MERAH DAN KUNYIT PADA SISWA SMA NEGERI 10 KUPANG

Authors

  • Mery Rambu Boba Djoru Universitas Kristen Artha Wacana
  • Ratih Ratna Adi Universitas Kristen Artha Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.151

Keywords:

Sabun Herbal, Sabun Kelor, Sabun Sereh Merah, Sabun Kunyit, SMAN 10 Kupang

Abstract

Sabun merupakan salah satu bahan yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia yang digunakan untuk menjaga kebersihan baik lingkungan maupung tubuh manusia agar tetap berada dalam kondisi yang higienis. Sabun yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari ada dua jenis, yaitu sabun cair dan sabun padat (batang). Dengan kemajuan dan perkembangan jaman, sabun saat ini tidak saja digunakan sebagai sarana pembersih, tetapi juga digunakan sebagai souvenir, obat kulit/antiseptik, pewangi ruangan bahkan sebagai benda seni/art.  Dengan teknologi yang ada saat ini, untuk memanfaatkan potensi lokal yang ada dilingkungan sekolah maka dapat diproduksi dengan penambahan formulasi bahan aktif yang terdapat dalam hasil pertanian yang berguna bagi kulit seperti dari tumbuhan dan buah-buahan.

Tujuan dari program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi siswa tentang memanfaatkan potensi lokal dilingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan siswa untuk menghasilkan sebuah produk yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan serta menambah wawasan dan keterampilan siswa. Pada kegiatan PKM ini telah dihasilkan produk berupa sabun herbal padat yang akan menjadi salah satu hasil kewirausahaan siswa dalam mendukung kurikulum merdeka belajar yaitu siswa dapat lebih kreatif untuk belajar tidak hanya materi dikelas tetapi dipalikasikan dalam praktek dan pelatihan hingga menghasilkan sebuah produk yang bernilai jual.

Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini adalah menambah wawasan bagi siswa tentang sabun dan pemanfaatan potensi lokal serta mengetahui khasiat dan bahan aktif dari beberapa hasil pertanian yang dapat diformulasikan ke dalam sabun, serta menanamkan jiwa wirausaha bagi siswa sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Widyasanti, C. L. Farddani, and D. Rohdiana, “Pembuatan Sabun Padat Transparan Menggunakan Minyak Kelapa Sawit ( Palm Oil ) Dengan Penambahan Bahan Aktif Ekstrak Teh Putih ( Camellia Sinensis ) Making Of Transparent Solid Soap Using Palm Oil Based With Addition White Tea Extracts ( Camellia sinensis,” J. Tek. Pertan. Lampung, vol. 5, no. 3, pp. 125–136, 2016.

Almazini, Prima. (2009). Pengaruh Sabun Terhadap Kesehatan Kulit (online). http://myhealing.wordpress.com/2009/06/13/pengaruh-sabunterhadap-ph-kulit.

Cavitch. 2016 . Jurnal Efektivitas Formulasi Sediaan Sabun Mandi Padat Ekstrak Etanol Daun Belimbing Wuluh Sebagai Pelembab Kulit. Medan: Fakultas Farmasi Medistra.

Iftikhar Ahmad,1981 :” Studi Perbandingan Campuran Minyak Palm Oil/Palm Stearine/Palm Karnel Oil (%b%b) Terhadap Keretakan Sabun Mandi Padat” Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatra Utara.

R. P. Usmania, I.D.A., & Widya, “Pembuatan Sabun Transparan Dari Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil),” Universitas Sebelas Maret., 2012.Hidayat, Fahri (2011). Buku Budidaya Lele Sangkuriang, Ditjen Perikanan Budidaya; Jakarta

Welmince Bota, M.Martosupono, F.S.Rondonuwu ,2015 “ Potensi Senyawa Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil) dari tumbuhan Cymbopogon nardus L.,Sebagai Agen Antibakteri” PPS Magister Biologi, Jurnal.ftumj.ac.id/index.php/semnastek

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Djoru, M. R. B., & Adi, R. R. (2023). PKM PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMASAN SABUN HERBAL KELOR, SEREH MERAH DAN KUNYIT PADA SISWA SMA NEGERI 10 KUPANG. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.151