PENERAPAN EDUKASI GIZI SEIMBANG BERBASIS EMPAT PILAR DAN ISI PIRINGKU BAGI ANAK-ANAK DI RUMAH RUTH BANDUNG

Authors

  • Christian Edwin Universitas Kristen Maranatha
  • Maudina Safitri Universitas Kristen Maranatha
  • Andika Raga Universitas Kristen Maranatha
  • Yonathan Adi Saputra Universitas Kristen Maranatha
  • Latiful Qolbi Universitas Kristen Maranatha
  • Monica Trifena Universitas Kristen Maranatha
  • Goldwin Budianto Universitas Kristen Maranatha
  • Jhosua Kharis Universitas Kristen Maranatha
  • Livia Bhelina Budi Universitas Kristen Maranatha
  • Nayla Khalida Verzaendri Universitas Kristen Maranatha
  • Widodo Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i12.1469

Keywords:

Anak, Edukasi Gizi, Isi Piringku

Abstract

Masalah gizi pada anak usia dini merupakan isu penting dalam upaya pencegahan stunting di Indonesia, terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak di rumah penampungan. Rumah Ruth Bandung, sebagai rumah singgah bagi anak-anak usia 3–6 tahun yang ditinggal orang tua, menjadi lokasi strategis untuk edukasi gizi seimbang. Anak usia dini berada pada masa emas pertumbuhan, sehingga diperlukan pendekatan edukatif yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengenalkan konsep gizi seimbang melalui empat pilar gizi dan pendekatan “Isi Piringku” secara sederhana dan menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi interaktif dengan bantuan visual seperti poster makanan, permainan edukatif, serta pelatihan ringan bagi pengasuh dalam menyusun menu harian berdasarkan prinsip gizi seimbang. Hasil kegiatan menunjukkan respons positif dari anak-anak terhadap materi yang disampaikan melalui media visual dan aktivitas bermain. Selain itu, para pengasuh menunjukkan peningkatan pemahaman dalam menyusun menu yang bervariasi sesuai kebutuhan gizi anak. Kegiatan ini tidak hanya menambah pemahaman tentang pola makan sehat, tetapi juga mendorong pembentukan kebiasaan makan yang berkelanjutan di lingkungan rumah singgah. Diharapkan, kegiatan ini mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak di Rumah Ruth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Imani, N. (2020). Stunting pada anak : kenali dan cegah sejak dini. In Hijaz PustakaMandiri.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang Kesehatan. In Dirjen Bina Gizi dan KIA.

Kupang, K. (2020). Sosialisasi Tentang Pergeseran Paradigma Konsumsi Nutrien Oleh Manusia Dari Empat Sehat Lima Sempurna Menuju Gizi Seimbang Pada Masyarakat Nasipanaf di Kelurahan Penfui, Kota Kupang. Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Kusuma, I. R., Ambarwati, D., & Septianawati, P. (2022). Pendidikan Kesehatan Edukasi Isi Piringku Untuk Pencegahan Stunting Pada Balita. Semnas Lppm, 4(1).

Norhasanah, N., & Salman, Y. (2021). Penyuluhan Gizi Online dengan Media Video Audio Visual “Tetap Fit Saat Puasa dan Pasca Puasa dengan Gizi Seimbang.” Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1). https://doi.org/10.36565/jak.v3i1.147

Rahmi, P. (2019). Peran Nutrisi Bagi Tumbuh dan Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Wigati, A., Sari, F. Y. K., & Suwarto, T. (2023). PENTINGNYA EDUKASI GIZI SEIMBANG UNTUK PENCEGAHAN STUNTING PADA BALITA. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.26751/jai.v4i2.1677

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Edwin, C., Safitri, M., Raga, A., Saputra, Y. A., Qolbi, L., Trifena, M., Budianto, G., Kharis, J., Budi, L. B., Verzaendri, N. K., & Makolola, M. A. (2024). PENERAPAN EDUKASI GIZI SEIMBANG BERBASIS EMPAT PILAR DAN ISI PIRINGKU BAGI ANAK-ANAK DI RUMAH RUTH BANDUNG. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(12), 684–688. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i12.1469