PENINGKATAN KETERLIBATAN SISWA DI SEKOLAH: PERAN GURU, ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA

Authors

  • Missiliana Riasnugrahani Universitas Kristen Maranatha
  • Olivia Budi Djono Universitas Kristen Maranatha
  • Santoso Universitas Kristen Maranatha
  • Mazaya Afatharani Khalisha Universitas Kristen Maranatha
  • Raysha Auliya Fadhiya Universitas Kristen Maranatha
  • Michel Universitas Kristen Maranatha
  • Azra Nur Sabrina Universitas Kristen Maranatha
  • Carissa Belinda Universitas Kristen Maranatha
  • Cicilya Theodora Manalu Universitas Kristen Maranatha
  • Zauzan Azka Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i12.1468

Keywords:

Bullying, Guru, Orangtua, School Engagement, Siswa

Abstract

Pembelajaran positif diperlukan oleh siswa agar dapat terlibat secara emosi, pikiran dan perilaku. Siswa yang terlibat di sekolah akan tampak aktif dalam kegiatan sekolah, mengerjakan tugas dan belajar dengan baik. Faktor-faktor pembentuk keterlibatan sekolah (school engagement) adalah parental involvement, parenat autonomy support dan parent structure. Melalui metode psikoedukasi orang tua dan guru diberikan materi tentang bagaimana memahami anak dan menunjukkan kepedulian pada kegiatan anak, mendorong kemandirian serta memberikan aturan yang jelas. Sementara siswa kelas 1-6 diberikan psikoedukasi melalui permainan edukatif yang mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai pertemanan, saling menghormati, empati dan saling mengasihi. Nilai-nilai ini diharapkan dapat menghambat perilaku negatif seperti bullying. Hasil kegiatan menunjukkan semua faktor orang tua berkaitan erat dengan keterlibatan siswa di sekolah, dan siswa pun memahami pentingnya menjalin pertemanan yang positif, untuk membentuk lingkungan belajar yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Appleton, J.J., Christenson, S.L., & Furlong, M.J. 2008. Student Engagement With School: Critical Conceptual and Methodological Issues of The Construct. Psychology in the School, Vol. 45(5). Online Pub: Wiley Periodicals, Inc

Epstein, J. L. (2011). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Westview Press.

Farkas, M. & Grolnick, W.S. (2010). Examining the Components and Concomitants of Parental Structure in The Academic Domain. Motiv Emot, Vol. 34:266- 279. Springer Science and Business Media, LLC

Fredricks, J.A., Blumenfeld, P., & Paris, A. 2004. Engagement : Potential of the Concept, State of the Evidence. Review of Educational Research, Vol 74, No 1, pp. 59-109. American Educational Research Association, pub.

Fredricks, J.A. & McColskey, W. 2012. The Measurement of Student Engagement: A Comparative Analysis of Various Methods and Student Self-report Instruments. In Christenson, S.L., Reschly, A.L., & Wylie, C.(Editors). Handbook of Research on Student Engagement. New York: Springer Science and Business Media

Machmudi, M.I.A (2024). JPPI Terima 573 Laporan Kasus Kekerasan di Lembaga Pendidikan, Mayoritas di Dalam Sekolah. https://mediaindonesia.com/humaniora/729648/jppi-terima-573-laporan-kasus-kekerasan-di-lembaga-pendidikan-mayoritas-di-dalam-sekolah

Reagen, T. (2009). Understanding bullying: Causes, effects, and prevention strategies. Pearson Education.

Smith, P. K., Mahdavi, J., Carvalho, M., & Tippett, N. (2008). Cyberbullying: Its nature and impact in secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(4), 376–385.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Riasnugrahani, M., Djono, O. B., Nasya, A. E., Khalisha, M. A., Fadhiya, R. A., Michel, M., Sabrina, A. N., Belinda, C., Manalu, C. T., & Azka, Z. (2024). PENINGKATAN KETERLIBATAN SISWA DI SEKOLAH: PERAN GURU, ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(12), 675–683. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i12.1468