PENGABDIAN MAHASISWA KKN POSKO 68 DI DESA SUMURBANGER MELALUI PENDAMPINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DAN MADRASAH DINIYYAH (MADIN)
PENGABDIAN MAHASISWA KKN POSKO 68 DI DESA SUMURBANGER MELALUI PENDAMPINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DAN MADRASAH DINIYYAH (MADIN)
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1406Keywords:
KKN, TPQ, Madrasah Diniyyah, Pendidikan Agama, PendampinganAbstract
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu pembangunan di berbagai sektor. KKN Posko 68 Desa Sumurbanger fokus pada bidang pendidikan agama islam melalui pendampingan di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) dan Madrasah Diniyyah (Madin). Dalam pembahasan ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kerja, pelaksanaan, dan faktor penghambat serta faktor pendukung pendampingan mahasiswa terhadap peningkatan kualitas pendidikan keagamaan di Desa Sumurbanger. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan partisipatif dengan melibatkan pihak-pihak terkait, seperti guru TPQ, ustadz dan ustadzah, serta masyarakat desa. Hasil dari pembahasan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan santri dalam membaca Al-Qur'an, serta peningkatan motivasi belajara agama di Madin.
Downloads
References
Agama, D. P. (2003). Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta:
Departemen Agama RI.
Ahmad, Z. d. (2019). Pengaruh Pendampingan Pendidikan Terhadap Kualitas Santri di
Madrasah Diniyyah. . Jurnal Pendidikan Islam, 45-58.
Al Muharrik, J. R. (2023). Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN sebagai Tenaga Pengajar Dalam
Meningkatkan Pendidiksn di MDA Desa Parit 1 Kecamatan Selat Gelam. Jurnal Al
Muharrik, 113-117.
Basri, H. (n.d.). Model Pembelajaran Al-Quran pada TPQ di Pedesaan. . Jurnal Al-Qur'an dan
Pendidikan Islam, 110-123.
Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia, 1-30.
Nasional, I. D. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Prasetyo, A. (2020). Pengembangan Program KKN Tematik Berbasis Pendidikan Agama di
Madrasah. . Jrnal Pengabdian Masyarakat, 90-102.
Sujana, I. W. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan
Dasar, 29-39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feri Aditia Rusdi, Dzaky, Zahra, Maulana Azam Nazhif, Rio Angger Pamungkas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








