PENGABDIAN MAHASISWA KKN POSKO 68 DI DESA SUMURBANGER MELALUI PENDAMPINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DAN MADRASAH DINIYYAH (MADIN)

PENGABDIAN MAHASISWA KKN POSKO 68 DI DESA SUMURBANGER MELALUI PENDAMPINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DAN MADRASAH DINIYYAH (MADIN)

Authors

  • Feri Aditia Rusdi UIN Walisongo Semarang
  • Dzaky UIN Walisongo Semarang
  • Zahra UIN Walisongo Semarang
  • Maulana Azam Nazhif UIN Walisongo Semarang
  • Rio Angger Pamungkas UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1406

Keywords:

KKN, TPQ, Madrasah Diniyyah, Pendidikan Agama, Pendampingan

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu pembangunan di berbagai sektor. KKN Posko 68 Desa Sumurbanger fokus pada bidang pendidikan agama islam melalui pendampingan di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) dan Madrasah Diniyyah (Madin). Dalam pembahasan ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kerja, pelaksanaan, dan faktor penghambat serta faktor pendukung pendampingan mahasiswa terhadap peningkatan kualitas pendidikan keagamaan di Desa Sumurbanger. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan partisipatif dengan melibatkan pihak-pihak terkait, seperti guru TPQ, ustadz dan ustadzah, serta masyarakat desa. Hasil dari pembahasan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan santri dalam membaca Al-Qur'an, serta peningkatan motivasi belajara agama di Madin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, D. P. (2003). Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta:

Departemen Agama RI.

Ahmad, Z. d. (2019). Pengaruh Pendampingan Pendidikan Terhadap Kualitas Santri di

Madrasah Diniyyah. . Jurnal Pendidikan Islam, 45-58.

Al Muharrik, J. R. (2023). Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN sebagai Tenaga Pengajar Dalam

Meningkatkan Pendidiksn di MDA Desa Parit 1 Kecamatan Selat Gelam. Jurnal Al

Muharrik, 113-117.

Basri, H. (n.d.). Model Pembelajaran Al-Quran pada TPQ di Pedesaan. . Jurnal Al-Qur'an dan

Pendidikan Islam, 110-123.

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia, 1-30.

Nasional, I. D. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Prasetyo, A. (2020). Pengembangan Program KKN Tematik Berbasis Pendidikan Agama di

Madrasah. . Jrnal Pengabdian Masyarakat, 90-102.

Sujana, I. W. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan

Dasar, 29-39.

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

Rusdi, F. A., Bahij , M. N., El , S. F., Nazhif, M. A., & Pamungkas, R. A. (2025). PENGABDIAN MAHASISWA KKN POSKO 68 DI DESA SUMURBANGER MELALUI PENDAMPINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DAN MADRASAH DINIYYAH (MADIN): PENGABDIAN MAHASISWA KKN POSKO 68 DI DESA SUMURBANGER MELALUI PENDAMPINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DAN MADRASAH DINIYYAH (MADIN). SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), 489–494. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1406