PENINGKATAN MULTITALENTA TATA KELOLA ADMINISTRASI KEARSIPAN DAN MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA PADA STAF PEMERINTAHAN DESA TONJONG KEC. TAJUR HALANG KAB. BOGOR

Authors

  • Ridho Harta Universitas Terbuka
  • Bambang Agus Diana Universitas Terbuka
  • Dwi Putranto Riau Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.1368

Keywords:

Kearsipan, Pelayanan Prima, Pemerintahan Desa

Abstract

Pelayanan masyarakat menjadi tugas utama dari pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa, karena pada dasarnya keberadaan pemerintahan desa adalah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat. Fungsi pemerintahan adalah melayani dan melindungi masyarakat. Aparat perangkat desa di Pemerintah Desa memegang posisi strategis dalam melayani dan melindungi publik. Bentuk perlindungan bisa diwujudkan melalui layanan cepat, mudah, murah, tidak birokratis, dan tepat waktu. Pelayanan masyarakat menjadi tugas utama dari pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa, karena pada dasarnya Selanjutnya pengertian pelayanan menurut pakar diantaranya terkait pelayanan prima menyatakan bahwa layanan prima adalah pelayanan dengan standar kualitas yang tinggi dan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan setiap saat, secara konsisiten dan akurat (Rahmayanty, 2013; 18).Tim PKM Prodi administrasi Negara FHISIP Universitas Terbuka merencanakan beberapa tahapan kegiatan yang merupakan solusi atas permasalahan yang dihadapi aparatur desa di pemerintahan DesaTonjong Adapaun tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah. Menumbuhkan motivasi dan meningkatkan kesadaran perangkat desa Tonjong Kecamatan Tonjong Bogor untuk dapat mengelola Administrasi arsip Desa secara baik dan benar; Membekali kemampuan dan keterampilan perangkat desa untuk mengelola Administrasi arsip sebagai upaya peningkatan pelayanan publik; Membekali kemampuan dan keterampilan perangkat desa dalam melaksankan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barata, A. A. (2004). Dasar – dasar pelayanan prima: Persiapan membangun budaya pelayanan prima untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Basuki, Sulistyo. 2005.Kamus Istilah Kearsipan. Kanisius:Yogyakarta

Chambers, Robert. (1994). “The Origins and Practice of Participatory Rural Appraisal” dalam World Development, 22 (7): 953–969.

Masnawaty Sangkala dan Nur Eny P.dalam Prosiding seminar nasional hasil pengabdian masyarakat Universitas Negeri Makassar “ Pendampingan Penggubahan Logo dan Peningkatan Brand Image Produk Rajut di Kelurahan Patappang Tinggi Moncong Kabupaten Gowa hal 739

Mulyono, S., Partono, Kuswantoro, A.2011.Mannajemen Kearsipan. Unnes PRESS : Semarang

Rahmayanty 2013, MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA : mencegah pembelotan dan membangun customer loyality, Graha Ilmu, Yogyakarta,

Undang- Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Desa

Kamus besar Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Harta, R., Diana, B. A., & Riau, D. P. (2024). PENINGKATAN MULTITALENTA TATA KELOLA ADMINISTRASI KEARSIPAN DAN MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA PADA STAF PEMERINTAHAN DESA TONJONG KEC. TAJUR HALANG KAB. BOGOR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(9), 588–596. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.1368