Pendampingan Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesiapan Beragama Peserta Didik di MI Plus Miftahul Anwar Kalianyar Dalam Menghadapi Menstruasi Pertama

Authors

  • Siti Yumnah Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAI NU Bangil

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i5.1314

Keywords:

Pendampingan, Kesiapan Beragama, Menstruasi Pertama

Abstract

Menstruasi pertama yang sering dijadikan indikator kesehatan oleh para ahli medis bagi sebagian anak adalah sebuah kengerian tersendiri. Hal ini disebabkan kurangnya pemberian informasi tentang keseharian reproduksi. Dari sudut pandang agama, menstruasi menjadi titik balik seorang anak menjadi seorang mukallaf yang bertanggung jawab atas semua amal ibadahnya sendiri. Fenomena kepanikan yang dialami oleh remaja putri saat mengalami menstruasi pertama juga masih terjadi hingga saat ini di era digital yang informasi bisa di dapat dengan mudah, termasuk di MI Plus Miftahul Anwar Kalianyar Bangil. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi fenomena kepanikan yang dialami oleh peserta didik di lembaga tempat pengabdian dilaksanakan saat mengalami menstruasi pertama. Metode kegiatan ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Melalui studi kasus ini peneliti memaparkan data lapangan dalam pendampingan kegiatan sosialisasi peningkatan kesiapan beragama peserta didik MI Plus MIftahul Anwar Kalianyar Bangil dalam menghadapi menstruasi pertama. Adapun Hasil pendampingan yang diperoleh diantaranya: (1) sosialisasi berjalan dengan baik melalui beberapa kali pertemuan selama satu semester tanpa mengganggu jadwal kegiatan pembelajaran di sekolah. (2) Dampak perubahan yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain: Pertama, siswa lebih memahami proses terjadinya menstruasi, Kedua, peserta didik termotivasi untuk memenuhi kewajibannya sebagai muslimah secara sempurna setelah mengalami menstruasi. Selanjutnya tantangan bagi suksesnya pelaksanaan hasil kegiatan ini adalah masih kurangnya tersedianya environment baik yang bersifat materi ataupun non-materi yang dapat mendukung pemenuhan hak dan kewajiban remaja putri saat mengalami menstruasi baik untuk pertama kali ataupun bulanannya selama di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi, S.I. (13 Maret 2020). 6 perubahan fisik tanda anak gadis memasuki masa pubertas. Kompas. https://health.kompas.com/read/2020/03/13/080100968/6-perubahan-fisik-tanda-anak-gadis-memasuki-masa-pubertas?page=all (diakses pada Agustus 2023)

Andriani, L. Simbolon, D. dam Riastuti, F. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Perencanaan Masa Depan. Pekalongan: Penerbit NEM.

Herwati. & Murniati. (2022). Monograf Menghadapi Menarche pada Anak Sekolah Dasar. Pekalongan: Penerbit NEM. hal. 13.

Rahayu, Mutiya. 2020. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Hizas Pustaka Mandiri

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Yumnah, S. (2024). Pendampingan Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesiapan Beragama Peserta Didik di MI Plus Miftahul Anwar Kalianyar Dalam Menghadapi Menstruasi Pertama. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 398–405. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i5.1314