Manajemen Pemasaran Digital Untuk Kewirausahaan Ibu - Ibu dan Pemuda Pemudi Warga NTT di Bali

Authors

  • Ni Nyoman Wulan Antari Program Studi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali
  • Putu Widiadnyana Program Studi Teknologi Informasi, ITB STIKOM Bali
  • Putu Diah Kurnia Pramadewi Putra Program Studi Bisnis Digital, ITB STIKOM Bali
  • A A Ayu Meitri Dwi Astiti Program Studi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali
  • I Gusti Bagus Agung Kusuma Atmaja Program Studi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i4.1275

Keywords:

Ikboffalangga, Kewirausahaan, Ibu - Ibu dan Muda Mudi, Kuliner, Salon

Abstract

Salah satu kalangan warga pendatang dari daerah Indonesia Timur yang telah berdomisili serta berkeluarga di Bali, khususnya di wilayah Denpasar memiliki organisasi atau Ikatan Keluarga Besar yang bernama Ofalangga Bali yang beranggotakan kurang lebih 150 kepala keluarga. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua dan anggota dari Ofalangga Bali, disampaikan bahwa dalam memenuhi kebutuhan ekonomi selama pandemi maka berwirausaha merupakan salah satu pilihan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Selama pandemi, anggota dari Ofalangga Bali yang terdiri dari ibu-ibu dan muda-mudi mencoba berwirausaha yang akhirnya memiliki 20 usaha yang telah berjalan sampai saat ini. Sebanyak 17 usaha kuliner (makanan dan minuman) dan 3 usaha salon. Setelah pandemi berakhir, usaha yang sudah dimiliki memiliki kendala dalam pengembangannya. Program pengabdian masyarakat ini memberikan solusi yaitu akan memberikan kiat-kiat pengembangan usaha yang telah dimiliki oleh anggota dari Ofalangga Bali. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan cara penyuluhan dan substitusi iptek. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu pengembangan usaha yang telah ada agar mampu menjangkau masyarakat lebih luas. Hal yang dilakukan adalah menggunakan sosial media guna membantu pemasaran usaha mitra. Kegiatan yang sudah dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat adalah melakukan sosialisasi secara langsung kepada mitra. Pada kesempatan itu juga tim memperkenalkan manajemen pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashley, A. 2016. "Food Security in the Developing World" Academic Press is an imprint of Elsevier.

Kusuma, I D.G.. Wacana Pariwisata Bali Dalam Pusaran Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawarti, Vol. 03 No. 02

Paramita, I.B.G. & Putra, I G.G.P.A. 2020. New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, Vol 5, No 2

Pratiwi, Y. R. 2022. Pemulihan Perekonomian Indonesia Setelah Kontraksi Akibat Pandemi Covid-19. Tersedia pada https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-banjarmasin/baca artikel/14769/Pemulihan-Perekonomian-Indonesia-Setelah-Kontraksi-Akibat-Pandemi-Covid-19.html

Purwahita, A.A.A R. M., dkk. 2021. Dampak Covid-19 Terhadap Pariwisata Bali Ditinjau Dari Sektor Sosial, Ekonomi, Dan Lingkungan (Suatu Tinjauan Pustaka). Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata (JKTP). Vol. 1, No.2

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Antari, N. N. W., Widiadnyana, P., Putra, P. D. K. P., Astiti, A. A. A. M. D., & Atmaja, I. G. B. A. K. (2024). Manajemen Pemasaran Digital Untuk Kewirausahaan Ibu - Ibu dan Pemuda Pemudi Warga NTT di Bali. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 333–339. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i4.1275