Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Modul Ajar Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Materi Pengurangan
Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Modul ajar, PenguranganAbstract
Abstract: Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang penting dalam pendidikan, yang menekankan pentingnya guru dalam mengakomodasi kebutuhan beragam siswa. Modul ajar memegang peran kunci dalam mendukung pendekatan ini. Artikel ini membahas implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam modul ajar, dengan fokus pada materi pengurangan dalam mata pelajaran Matematika di kelas 1. Penelitian ini menganalisis konten modul, tujuan pembelajaran, serta langkah-langkah pembelajaran yang diadaptasi untuk mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul ajar tersebut menawarkan pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif melalui berbagai aktivitas, seperti diskusi kelompok, penyelidikan, dan presentasi hasil kerja kelompok. Melalui pendekatan ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, mandiri, serta kolaboratif, sesuai dengan prinsip pendidikan yang berorientasi pada 4C: Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity. Penelitian ini menyoroti pentingnya perencanaan dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam memperkuat pengalaman belajar siswa, serta menawarkan panduan praktis bagi guru dalam merancang modul ajar yang efektif.
Downloads
References
Ambarita, Jenri, M. Pd K. PITRI SOLIDA SIMANULLANG, and Penerbit Adab. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab, 2023.
Kemendikbud, (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka, Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 141.
Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2021). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. 412– 417.
Maulida, Utami. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.Jurnal STIE Madani.
Murtianto, Y. H. (2013). Pengembangan Kurikulum Berdiferensiasi Mata Pelajaran Matematika SMA Untuk Siswa Berbakat dan Cerdas Istimewa Di Kelas Akselerasi. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–7.
Snyder, H., (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines.Journal of Business Research, 104, pp.333-339.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sungkono, S. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam
Proses Pembelajaran.Majalah Ilmiah Pembelajaran,5(1), 78.
Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC
Digest.
Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. 2013. Assessment and Student Success in a Differentiated
Classroom. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development. Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi dan asesmen pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Endah Sri Rejeki, Nurratri Kurnia Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.