Pendampingan Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an dengan Metode Halaqah di Sanggar Bimbingan Sungai Besi, Selangor, Malaysia

Authors

  • Muhammad Isnaini Iqbal Alfarisi Program Studi Perbandingan Madzhab, Universitas Darussalam Gontor
  • Ikhwan Mahmudi Program Studi Bahasa Arab, Universitas Darussalam Gontor
  • Akhlis Azamuddin Tifani Program Studi Perbandingan Madzhab, Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Imam Syamil Nasution Program Studi Hubungan International, Universitas Darussalam Gontor
  • Achmad Fatich Alfahmi Program Studi Teknik Informatika, Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i5.1264

Keywords:

Pembelajaran, Membaca Al-Quran, Halaqah, Ilmu Tajwid

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di sanggar bimbingan sungai besi Selangor, Malaysia merupakan bentuk program non formal melalui sebuah pembelajaran di bidang agama Islam pada golongan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Program ini bertujuan untuk membiasakan kepada mereka untuk melafadzkan bacaan huruf demi huruf yang sesuai ilmu tajwid. Pembelajaran tersebut menggunakan metode Halaqah secara bimbingan tatap langsung, sistematis, dan aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya mereka telah memahami pembelajaran panjang pendek bacaan yang sesuai dengan makharijul huruf. Ketercapaian pemahaman anak-anak terkait tata cara melafadzkan huruf demi huruf sudah sesuai sebagaimana telah diajarkan oleh tim pembina. Adapun pada tingkat pemahaman bacaan tanwin dan nun sukun telah dimengerti oleh sebagian besar anak-anak. Walaupun tidak semuanya dapat menghafal setiap huruf mana yang masuk kategori idzhar, idgham, ikhfa dan iqlab. Dengan ini harapan kedepanya selalu ada pembiasaan dalam mempraktekkan bacaan Al-Quran sesuai ilmu tajwid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ad, Gina Giftia. 2014. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Huruf Al-Qur`an Melalui Metode Tamam Pada Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Istek Journal 1:142–158.

Adelia, M. 2022. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa SD Dalam Membaca Al-Qur’an Di Yayasan Sabilul Khayr Al Ibana.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (4):1349–1358.

Basa’ad, Tazkiyah. 2016. “MEMBUDAYAKAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN.” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad 02:594–599.

Kurnia, A. 2017. “Implementasi Metode Al-Hidayah Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.” Jurnal Tatsqif 15(1):69–96.

M Rizki, Astuti, and Iska Noviardilla. 2021. “Kajian Literatur Tentang Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Tambusai 5 (1):267–271.

Monalisa, Marsiah, Ajahari, &. Muhammad Redha Anshari. 2022. “Pendampingan Dalam Belajar Al_Qur’an Pada Anak-Anak Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya.” Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam 3(1):1–9.

Nur Eka Wahyu Ningsih, Hesti Putri Setianingsih, Dyah Rahmawati, Zulaikhah Dwi Jayanti. 2023. “Pembinaan Membaca Al-Quran Dengan Ilmu Tajwid Di TPA Nurul Iman Langaleso.” Pengabdian Masyarakat Bangsa 1 (9):1726.

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Alfarisi, M. I. I., Mahmudi, I., Tifani, A. A., Nasution, M. I. S., & Alfahmi, A. F. (2024). Pendampingan Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an dengan Metode Halaqah di Sanggar Bimbingan Sungai Besi, Selangor, Malaysia. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 380–384. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i5.1264