Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Peningkatan Literasi Siswa di Era Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.1231Keywords:
Literasi digital, Teknologi pembelajaran, Merdeka BelajarAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa melalui pelatihan pemanfaatan teknologi digital di SMA 2 Soromandi. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam memanfaatkan teknologi secara produktif, khususnya untuk mendukung proses belajar di era Merdeka Belajar. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan langsung, serta pendampingan intensif dalam penggunaan aplikasi digital untuk pencarian informasi, pengolahan data, dan pembuatan media presentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu menguasai keterampilan dasar penggunaan teknologi digital, lebih percaya diri dalam mengakses sumber belajar daring, serta lebih kreatif dalam menyusun tugas berbasis teknologi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan literasi digital yang berkelanjutan dan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah
Downloads
References
Darmawan, D., Lestari, R., & Yuliani, S. (2024). Integrasi teknologi augmented reality dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan digital siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 45–58. https://doi.org/10.21009/jtp.261.05
Dewi, N. P., Rahmawati, I., & Setiawan, A. (2024). Literasi digital dalam implementasi kurikulum merdeka: Tantangan dan peluang di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 31(2), 112–125. https://doi.org/10.17977/jpp.v31i2.15492
Hidayat, R., Sari, M., & Anwar, M. (2022). Experiential learning dalam pengembangan keterampilan abad 21 siswa sekolah menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 19(3), 287– 298. https://doi.org/10.21831/jip.v19i3.98765
Luthfiyati, N., Pratiwi, Y., & Handayani, F. (2023). Pengaruh integrasi media digital terhadap peningkatan literasi siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 42(4), 350–364. https://doi.org/10.23887/jpi.v42i4.13482
Masyhura, A., & Ramadan, Z. H. (2021). Literasi digital di kalangan remaja: Analisis penggunaan media sosial dan implikasinya terhadap pembelajaran. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 15(2), 203–218. https://doi.org/10.31294/jkp.v15i2.11122
Saifuddin, A., & Putra, R. (2024). Literasi digital dan kemandirian belajar mahasiswa di
era Society 5.0. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 20(1), https://doi.org/10.21009/jtp.v20i1.12873
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deviana Mulyani, Muhammad Fachrin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








