Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Peningkatan Literasi Siswa di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Deviana Mulyani Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muhammad Fachrin Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.1231

Keywords:

Literasi digital, Teknologi pembelajaran, Merdeka Belajar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa melalui pelatihan pemanfaatan teknologi digital di SMA 2 Soromandi. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam memanfaatkan teknologi secara produktif, khususnya untuk mendukung proses belajar di era Merdeka Belajar. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan langsung, serta pendampingan intensif dalam penggunaan aplikasi digital untuk pencarian informasi, pengolahan data, dan pembuatan media presentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu menguasai keterampilan dasar penggunaan teknologi digital, lebih percaya diri dalam mengakses sumber belajar daring, serta lebih kreatif dalam menyusun tugas berbasis teknologi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan literasi digital yang berkelanjutan dan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, D., Lestari, R., & Yuliani, S. (2024). Integrasi teknologi augmented reality dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan digital siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 45–58. https://doi.org/10.21009/jtp.261.05

Dewi, N. P., Rahmawati, I., & Setiawan, A. (2024). Literasi digital dalam implementasi kurikulum merdeka: Tantangan dan peluang di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 31(2), 112–125. https://doi.org/10.17977/jpp.v31i2.15492

Hidayat, R., Sari, M., & Anwar, M. (2022). Experiential learning dalam pengembangan keterampilan abad 21 siswa sekolah menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 19(3), 287– 298. https://doi.org/10.21831/jip.v19i3.98765

Luthfiyati, N., Pratiwi, Y., & Handayani, F. (2023). Pengaruh integrasi media digital terhadap peningkatan literasi siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 42(4), 350–364. https://doi.org/10.23887/jpi.v42i4.13482

Masyhura, A., & Ramadan, Z. H. (2021). Literasi digital di kalangan remaja: Analisis penggunaan media sosial dan implikasinya terhadap pembelajaran. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 15(2), 203–218. https://doi.org/10.31294/jkp.v15i2.11122

Saifuddin, A., & Putra, R. (2024). Literasi digital dan kemandirian belajar mahasiswa di

era Society 5.0. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 20(1), https://doi.org/10.21009/jtp.v20i1.12873

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Mulyani, D., & Fachrin, M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Peningkatan Literasi Siswa di Era Merdeka Belajar . SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(9), 569–574. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.1231