Pendampingan Peningkatan Literasi dan Numerasi di SDN 2 Dayakan, Badegan, Ponorogo

Authors

  • Umi Mahmudah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Darussalam Gontor
  • Fitra Awalia Rahmawati Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Darussalam Gontor
  • Mandrasi Amira Saidah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Darussalam Gontor
  • Yuangga Kurnia Yahya Program Studi Agama-Agama, Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1215

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Literasi, Numerasi, Pendidikan Dasar

Abstract

Kemampuan literasi merupakan salah satu kemampuan kognitif dasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tingkat literasi di Indonesia, baik secara global maupun nasional masih tergolong rendah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 2 Dayakan, sekolah yang terletak di salah satu desa dengan status tertinggal di Kabupaten Ponorogo, kabupaten dengan tingkat penduduk buta huruf yang tinggi. Realisasi program pengabdian ini dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi menggunakan metode kekeluargaan dengan konsep pendekatan emosional antara pelaksana pengabdian dengan warga sekolah. Hasil kegiatan ini adalah program harian dan program mingguan. Program harian adalah pembiasaan membaca dan pembiasaan perhitungan Matematika sederhana, adapun program mingguan meliputi pembelajaran membaca berdiferensiasi, kegiatan membaca terbimbing, dan program Gerakan Literasi Sekolah SDN 2 Dayakan. Program-program tersebut diadakan dalam rangka memberikan nuansa baru dalam program literasi dan numerasi yang telah berjalan selama ini di SDN 2 Dayakan. Nuansa baru ini diperkenalkan dalam rangka merangsang minat siswa untuk datang ke sekolah dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi mereka dengan kegiatan-kegiatan yang menarik dan tidak monoton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara Published by admin on 23 Maret 2021. Perpustakaan Kemendagri. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/

Ali, N. B. V., Setiawan, I. M. B., Joko, B. S., Ulumuddin, I., & Julizar, K. (2018). Evaluasi Program Literasi: Gerakan Literasi Sekolah. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ayu, N., & Syukur, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi pada Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa SD Negeri Tanrara. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3106–3121. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.720

Bella, N. I., Supriadi, Nurdiansyah, E., Marda, A. B., & Setiawan, I. P. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Masa Pandemi Covid-19 di SD Islam Khairu Ummah Makassar Implementation of Campus Teaching Programs in Improving Literacy and Numeracy During The Covid-19 Pandemic at Khairu U. Lambung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 245–257.

Debila, N. (2023, April 18). Jumlah Penduduk Buta Huruf Terbanyak Ternyata Ada di Jawa Timur, Simak Datanya Berikut. Beritajatim.Com. https://beritajatim.com/ragam/jumlah-penduduk-buta-huruf-terbanyak-ternyata-ada-di-jawa-timur-simak-datanya-berikut/

Devega, E. (2017). Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.

Kurniasari. (2023, August 23). Paling Maju, Ini 4 Daftar Desa di Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo dengan Nilai IDM 0,6149. Trenggalekpedia.Com. https://trenggalekpedia.pikiran-rakyat.com/jawa-timur/pr-1657023693/paling-maju-ini-4-daftar-desa-di-kecamatan-badegan-kabupaten-ponorogo-dengan-nilai-idm-06149

Prayudi, A., Islamiyah, M., Yanbaqi Abidin Putra, M., Nurhairatu, N., Febriyanti, Y., & Nurfadillah, S. (2023). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Di SDN 12 Dompu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1175–1186. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.337

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology. https://www3.weforum.org/docs/WEFUSA_NewVisionforEducation_Report2015.pdf

Downloads

Published

2024-02-17

How to Cite

Mahmudah, U., Rahmawati, F. A., Saidah, M. A., & Yahya, Y. K. (2024). Pendampingan Peningkatan Literasi dan Numerasi di SDN 2 Dayakan, Badegan, Ponorogo. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 225–231. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1215