Meningkatkan Minat Baca Bahasa Inggris Kepada Anak di PAUD AVICIENA

Authors

  • Maria Asumpta Deny Kusumaningrum Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Rindu Alriavindra Funny Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Ndaru Atmi Purnami Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1163

Keywords:

Buku Bergambar, Bahasa Inggris, Membaca

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang minat anak membaca buku bergambar berbahasa Inggris dan membantu mereka meningkatkan bahasa Inggrisnya. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan selama 5 hari. Lokasi pelaksanaan di PAUD Aviciena. Sekitar 20 anak menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut berupa penyuluhan dan diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan minat membaca buku bergambar berbahasa Inggris sejak dini. Membaca adalah salah satu fungsi terbaik otak manusia. Semakin muda seorang anak belajar membaca, maka ia akan semakin mudah membaca dengan lancar. Sangat penting untuk menumbuhkan kebiasaan membaca sejak dini, dan kebiasaan ini dapat ditanamkan pada diri anak Anda bahkan sejak dalam kandungan. Segala upaya untuk meningkatkan minat membaca anak harus dimulai dari lingkungan keluarga. Minat membaca mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan anak dan harus dipupuk sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusalam, A. (2005). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Adhim, F. (2007). Membuat anak gila membaca, Bandung: Mizan.

A, M. Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta.

Akhadiah, Sabarti (1992). Membaca sebagai Keterampilan Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Anderson, J. (1969). “Efficient Reading: A Partical Guide” dalam Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Anjani, S. N. Dantes, G. Artawan. 2019. Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.3 No 2, Agustus 2019. Hal. 74-83.

Arinda Sari, Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Mojosari. Jurnal Pendidikan. Volume 6 Nomor 3 Tahun 2018, 362-366

Aziz, Rini Utami. (2006). Jangan biarkan anak kita berkesulitan belajar. Solo: Tiga Serangkai.

Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rafika aditama.

Hainstock, E. G. 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delaprasta.

Hawadi, A. (2001). Psikologi Perkembangan Anak (Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak). Jakarta: Grasindo.

Hernowo. (2002). Mengikat Makna: KiatKiat Ampuh Untuk Melejitkan Kemauan Lerner, J. W. (1988). Learning disabilities. New Jersey: Houghton Mifflin

Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Penerbit Kaifa.

Maharani, Ony Dina, Kisyani Laksono, Wahyu Sukartiningsih. 2017. ”Minat Baca Anak-Anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember”, Jurnal Review Pendidikan Dasar. Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 3, No. 1

Nur Triatma Ilham. 2016. ” Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta”. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. Vol. V No. 6.

Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51-64.

Pemerintah Provinsi Riau. 2022. Minat baca kurang lebih suka. Diakses melalui https://www.riau.go.id/home

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Tarigan, H.G. (2000). Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Kusumaningrum, M. A. D., Funny, R. A., & Purnami, N. A. (2024). Meningkatkan Minat Baca Bahasa Inggris Kepada Anak di PAUD AVICIENA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 106–114. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1163