Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Upaya Meningkatkan Administrasi dan Adaptasi Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1155Keywords:
Kampus Mengajar, Administrasi, Adaptasi TeknologiAbstract
Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah, khususnya dalam meningkatkan administrasi sekolah dan adaptasi teknologi. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran program ini adalah SMP Negeri 1 Kabila Bone. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui peran mahasiswa Kampus Mengajar khususnya Angkatan 5, dalam upaya meningkatkan administrasi dan adaptasi teknologi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peran mahasiswa program Kampus Mengajar di SMP Negeri 1 Kabila Bone melalui program pendampingan peningkatan administrasi dan adaptasi teknologi berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif kepada seluruh elemen yang terlibat, khususnya di sekitar lingkungan sekolah.
Downloads
References
Anonymous. 2022. Class Meeting: Sarana Tingkatkan Bakat Siswa. https://jateng.kemenag.go.id/berita/class-meeting-sarana-tingkatkan-bakat-siswa/. Diakses pada 20 Januari 2024, pukul 13.56 WITA.
Girsang, B. M., Rahmadan, A., Pascal, A., Nasution, N. A., & Lestari, P. A. 2022. Pohon Literasi sebagai Media Pembelajaran dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMP Kartika 1-I Medan. KALANDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 138-141. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i5.201
Kurniasari, S., Yunus, M., Hunggaita, N. A., Sugianti, Ali, A. P. R. E., Ismail, A., Aprilia, T. D., & Habibi, M. A. A. 2023. Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 sebagai Wujud Kontribusi Belajar Sambil Berdampak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 17-27. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1061
Mehmory, H. F., Sandy, W., Hasibuan, M., Husain, D. L., & Sutiyan, O. S. J. 2023. Meningkatkan Softskill Siswa melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pembuatan Majalah Dinding. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2701
Nahdiyaturrahmah, Pujani, N. M., & Selamet, K. 2020. Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 118-129. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.29592
Nasir, R. 2018. Pengelolaan Majalah Dinding di Madrasah Aliyah Negeri Kalabahi dan SMA Negeri 1 Kalabahi Kabupaten Alor Propinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(1), 45-58. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/20
Nazillah, H. I., & Fajar, A. 2023. Peningkatan Budaya Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Tematik melalui Proyek Kreatif pada Siswa Kelas V di MI Al-Barokah Cihanjawar. Jurnal Abdi Widya, 2(1), 34-44. https://doi.org/10.59997/awjpm.v2i1.2223
Rahmatang, I., Audilya, S., & Ayu, S. 2021. Penataan Perpustakaan di UPTD SPF SD Negeri 129 Abbanuange untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Lepa-lepa Open, 1(2), 343-350. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17030
Saepudin, E., Yusup, P. M., & Anwar, R. K. 2018. Penataan Perpustakaan sebagai Upaya Peningkatan Layanan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 277-280. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19220
Sinaga, S. J., Sirait, M. L., Hutabarat, M. R., Harefa, H. J., Purba, H., Simorangkir, Y. E., & Matondang, S. B. M. 2023. Sosialisasi Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pantai Labu. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 34-43. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1195
Subamia, I D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. 2017. Pelatihan Keterampilan 4M (Menata, Menyimpan, Mempersiapkan, dan Memodifikasi) Alat/Bahan Praktikum bagi Guru-Guru IPA dan Laboran SMP di Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 10-16. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11894
Suhada, S., Hadjaratie, L., Amali, L. N., Yusuf, R., Muthia, Ahaliki, B., Polin, M., Bau, R. T., Lahay, S. N., Budiman, A. N. E., & Usup, R. M. 2023. Pendampingan Penggunaan Canva dan Microsoft Office di SMK Negeri 2 Paguyaman. DEVOTION: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 60-64. https://doi.org/10.37905/devotion.v2i1.18735
Suprima, Hasibuan, A. R. G., & Yunitasari, A. 2023. Meningkatkan Literasi, Numerasi, Teknologi, dan Administrasi sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB), 4(2), 200-217. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i2.1558
Ulfa, M., & Oktaviana, E. 2021. Peningkatan Kemampuan Berliterasi melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Pohon Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5204-5212. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1549
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.