Sosialisasi Pentingnya Sustainable in Competitive Business Pada Mahasiswa dan Pelaku Usaha di Kota Pontianak

Authors

  • Uray Andrey Indra Maulana Program Studi Manajemen, Universitas Panca Bhakti Pontianak
  • Ricola Dewi Rawa Program Studi Manajemen, Universitas Panca Bhakti Pontianak
  • Angga Hendharsa Program Studi Manajemen, Universitas Panca Bhakti Pontianak
  • Arweni Program Studi Manajemen, Universitas Panca Bhakti Pontianak
  • Nur Hidayat Program Studi Bisnis Digital, Universitas Panca Bhakti Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1146

Keywords:

Bisnis, Berkelanjutan, Kompetitif Bisnis, Keunggulan Bersaing

Abstract

Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, keberlanjutan menjadi kunci penting dalam mempertahankan dan meningkatkan posisi bisnis. Melalui pengabdian pada masyarakat ini, kami berusaha untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya implementasi prinsip-prinsip keberlanjutan dalam bisnis. Kami membahas berbagai strategi dan inovasi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai keberlanjutan, serta tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi. Tujuan utama dari pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana keberlanjutan dapat menjadi faktor kompetitif dalam bisnis dan bagaimana masyarakat dapat berperan dalam mendorong perubahan ini. Kami berharap bahwa pengabdian pada masyarakat ini dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi para pemangku kepentingan dalam bisnis dan masyarakat pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Battistella, C., Cagnina, M. R., Cicero, L., & Preghenella, N. (2018). Sustainable business models of SMEs: Challenges in yacht tourism sector. Sustainability (Switzerland), 10(10), 1–20. https://doi.org/10.3390/su10103437

Boons, F., & Lüdeke-Freund, F. (2013). Business models for sustainable innovation: State-of-the-art and steps towards a research agenda. Journal of Cleaner Production, 45, 9–19. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.07.007

Høgevold, N. M. (2011). A corporate effort towards a sustaianable business model. European Business Review, 23(4), 392–400. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/09555341111145771

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (2010). You’re holding a handbook for visionaries, game changers, and challengers striving to defy outmoded business models and design tomorrow’s enterprises. It’s a book for the . . . written by.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Maulana, U. A. I., Rawa, R. D., Hendharsa, A., Arweni, A., & Hidayat, N. (2024). Sosialisasi Pentingnya Sustainable in Competitive Business Pada Mahasiswa dan Pelaku Usaha di Kota Pontianak. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–67. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1146