Pelatihan Pengembangan Bisnis Melalui Metode Diversifikasi Produk Bagi UMKM

Authors

  • Bagus Subekti Nuswantoro Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Respati Yogyakarta
  • Khaula Lutfiati Rohmah Program Studi Akuntansi, Universitas Respati Yogyakarta
  • Dian Rhesa Rahmawati Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta
  • Yanus Purwansyah Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta
  • Fatika Sinta Rizka Aisya Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1133

Keywords:

Diversifikasi Produk, Pengembangan Bisnis, UMKM, RKS

Abstract

Berdasarkan kajian yang telah dilakukan sebelumnya oleh tim bersama dengan pengelola Rumah Kreatif Sleman (RKS), dirumuskan permasalah mitra adalah kurangnya wawasan mitra dalam pengembangan bisnis terutama untuk mengembangkan produk dalam hal diversifikasi jenis produk. Diversifikasi produk sangat diperlukan untuk mempertahankan penjualan dan memitigasi risiko akibat penurunan volume penjualan produk utama. Hal ini juga secara langsung menjadi strategi bisnis untuk menjaga sustainabilitas bisnis di masa yang akan datang. Wawasan pemiliki atau pengelola UMKM binaan RKS perlu untuk ditingkatkan agar dapat menerapkan strategi diversifikasi produk untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Berdasarkan analisis situasi yang telah dijabarkan sebelumnya, maka tim melaksanakan kegiatan PkM di RKS melalui kegiatan pelatihan dengan tema Pengembangan Bisnis melalui Metode Diversifikasi Produk Bagi UMKM. Hasil kegiatan PkM adalah peserta pelatihan mendapat wawasan pengembangan bisnis dengan strategi diversifikasi produk dan bagaimana menganalisis peluang pengembangan produk baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Fahimul 2017. “Permasalahan UMKM: Strategi dan Kebijakan”. Prosiding Pluralisme dalam Ekonomi dan Pendidikan Universitas Negeri Malang 379.

Alves, Jose C., Tan Cheng Lok, YuBo Luo, and Wei Hao. 2020. “Crisis Management for Small Business during the COVID-19 Outbreak:Survival, Resilience and Renewal Strategies of Firms in Macau.”

Astuti, Pembayun Puji 2021. “Strategi DIversifikasi Produk Sebagai Upaya Menghadapi Persaingan.” Jurnal Utilitas Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka.

Kristiawan, M. 2016. “Corporate Governance in Micro, Small, and Medium Enterprises: A Study of Small and Medium Enterprises in Indonesia.” Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura.

Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. “Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan 59–64.

PPPM. 2023. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. PPM UNRIYO.

Rohmah, Khaula Lutfiati, and Aditya Arisudhana. 2022. “Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Bantuan Pemerintah, Penggunaan Teknologi Dan Manajemen Krisis Terhadap Ketahanan UMKM Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Kabupaten Sleman.” JRAMB 8:1–13.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Nuswantoro, B. S., Rohmah, K. L., Rahmawati, D. R., Purwansyah, Y., & Aisya, F. S. R. (2024). Pelatihan Pengembangan Bisnis Melalui Metode Diversifikasi Produk Bagi UMKM. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1133