Upaya Pemanfaatan Limbah Jamu Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang

Authors

  • Caecilia Sri Haryanti Program Studi Akuntansi, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Janti Soegiastuti Program Studi Akuntansi, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Aji Nugroho Program Studi Akuntansi, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Isti Faizah Program Studi Akuntansi, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1130

Keywords:

Pemanfaatan Limbah, Peningkatan Pendapatan

Abstract

Masyarakat kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen Kota Semarang rata rata penduduk memiliki lahan pekarangan yang masih cukup luas, serta di dukung mata pencaharian yang masyarakat di kelurahan Wonolopo yang beragam, Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang merupakan kategori desa wisata berkembang, untuk itu diperlukan lingkungan yang bersih dan penataan yang baik dari limbah, kotoran yang akan merusak pemandangan para wisatawan. Suasana pedesaan masih sangat di rasakan di sini. Kelurahan Wonolopo dipimpin oleh ibu Rina Sugiwurwani, disini banyak kampung tematik yang layak dikunjungi dan progres capaian kampung tematik ada 15. Peluang untuk pemanfaatan limbah jamu dapat direalisasikan dengan memberdayakan ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan juga para karang taruna yang belum bekerja. Dengan demikian akan menjadi peluang penambahan pendapatan dan potensi pengembangan ekonomi di daerah tersebut. Proses pengolahan limbah tidak terbatas hanya pada limbah jamu saja, namun juga limbah rumah tangga yang selalu menjadi masalah bagi lingkungan, agar tidak merambah pada pencemaran, dengan berjalannya pengolahan limbah lingkungan akan bersih dan masyarakat akan memperoleh manfaat dengan penambahan pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brilio.net/wow/cara- mengelola- sampah-di-rumah-lebih bermanfaat Suara.com/lifestyle/2019/08/31 : cara-mengelola-sampah-di-dalam-rumah.

Depkes RI, 2002, Modul Pelatihan Metode & Teknologi Diklat Jakarta : Pusdiklatkes RI

Krisnani ,dkk, 2015 Perubahan Pola Pikir masyarakat Melalui Pengelolaan sampah Organik dan non organic di desa Genteng Kecamatan Sukasari Kab Sumedang, Jurnal Penelitian & PPM, No 02, Vol 04 389.

Nisa, K 2016, Memproduksi Kompos & Mikro organisme local ( MOL). Jakarta : Bibit Publisher

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Haryanti, C. S., Soegiastuti, J., Nugroho, A., & Faizah, I. (2024). Upaya Pemanfaatan Limbah Jamu Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1130