Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Para Guru MGMP Bahasa Inggris SMP Di Kota Ternate

Authors

  • Sutaryo Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Khairun
  • Nurprihatina Hasan Prodi Sastra Inggris, FIB, Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1111

Keywords:

Karya Tulis Ilmiah, MGMP Bahasa Inggris SMP, Pelatihan

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan asosiasi atau himpunan guru yang berperan meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru melalui berbagai kegiatan seperti diskusi dan pelatihan. Selain itu, MGMP berperan memfasilitasi para guru dalam bidang studi yang sama dalam bertukar pendapat dan pengalaman. Bagi para guru MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Ternate, keharusan memiliki kemampuan menulis suatu karya ilmiah yang baik menjadi sangat urgen bagi mereka karena selain sebagai upaya pengembangan profesinya secara berkelanjutan, juga karya tulis ilmiah merupakan salah satu persyaratan kenaikan pangkat. Masalahnya, kelompok mitra (MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Ternate) minim sumber daya baik secara finansial maupun SDMnya untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan para anggota MGMP tersebut. Untuk itu, Tim dosen PKM Universitas Khairun (Unkhair) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi para guru MGMP Bahasa Inggris tersebut. Analisis data kuesioner melalui Google Scholar menunjukkan bahwa para guru MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Ternate sangat senang dengan adanya pelatihan karya tulis ilmiah tersebut dan berkomitmen untuk menulis walaupun masing-masing guru menentukan waktu yang berbeda untuk merealisasikannya, baik secara mandiri maupun berkelompok dengan rekan guru satu sekolah atau dengan rekan guru dari sekolah lain. Terungkap juga bahwa kegiatan pelatihan serupa perlu dilakukan secara berkala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burns, A. (2010). Doing action research in English language teaching: A guide for practitioners. London: Rouledge.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri. Retrieved from http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Buku-Panduan-IKU-2021-28062021.pdf

Editing, C. (2023). How to Write a Journal Article. Retrieved February 1, 2023, from https://www.capstoneediting.com.au/resources/how-to-write-a-journal-article

Hidayati, S., Noor, I. H., Sabon, S. S., Joko, B. S., & Wijayanti, K. (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA (I. K. D. i Hermawan, J. Dr. Damanik, & I. Zamjani, Eds.). Retrieved from https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/buku/1629816100_Puslitjak_36_Peran_MGMP_dalam_Meningkatkan_Mutu_Pembelajaran_di_SMA.pdf

Library, C. (2023). How to Use Google Scholar. Retrieved March 1, 2023, from https://libguides.com.edu/c.php?g=649172&p=4554035

Mendeley. (2023). Getting started with Mendeley Cite. Retrieved March 1, 2023, from https://www.mendeley.com/guides/mendeley-cite/

Seadle, M. (2023). 7 ways to avoid academic plagiarism. Retrieved March 10, 2023, from https://www.elsevier.com/connect/7-ways-to-avoid-academic-plagiarism

University of Southern California Libraries. (2023). Academic Writing Style. Retrieved February 1, 2023, from https://libguides.usc.edu/writingguide/academicwriting

Upu, H., Darwis, M., & Juhari, A. (2022). PKM Pelatihan dan Pendampingan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-Guru di SMP Negeri 3 MajeneNo Title. SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10, 1085–1089. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/40619/19414

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Sutaryo, S., & Hasan, N. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Para Guru MGMP Bahasa Inggris SMP Di Kota Ternate. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1111