PERAN HUMAS POLRES METRO DEPOK DALAM MENANGANI INFORMASI BERITA HOAX PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Siska Yuningsih Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v2i1.361

Keywords:

Hoax, Humas Polres Metro Depok, Instagram, Media Sosial

Abstract

Humas Polres Metro Depok Jawa Barat melakukan publikasi, sosialisasi dari sebuah kegiatan, informasi, berita, klarifkasi dan kampanye. Polri sebagai aparat penegak hukum dituntut untuk menjaga dan mengamankan stabililasi bangsa Indonesia dari berbagai aspek ancaman, termasuk untuk menjadi garda terdepan dalam pengendalian dan pengelolaan informasi berita Hoax yang masih marak terjadi dimedia sosial khususnya Instagram yang menjadi media sosial utama yang digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menggunakan teori Peran Public Relations menurut Broom dan Dozier. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana Peran Humas Polres Metro Depok Menangani Informasi Berita Hoax Pada Media Sosial Instagram dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Humas Polres Metro Depok. Hasil penelitian adalah Peran Humas Porles Metro Depok Jawa Barat telah melaksanakan secara optimal dalam menengani informasi berita Hoax pada media sosial Instagram. Faktor Pendukung adalah masyarakat dengan kesadarannya dalam bijak dan cerdas bersosial media khususnya di media sosial Instagram, sedangkan faktor penghambatnya adalah Masyarakat melakukan penyebaran sebuah informasi berita yang belum dipastikan terlebih dahulu sebelumnya kebeneran dari informasi berita tersebut maka tanpa disadari oleh masyarakat dapat secara tidak langsung  menghambat  kinerja  pihak  Kepolisian  Humas  Polres  MetroDepok menangani informasi berita Hoax pada media sosial  Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berg, K. T. & Gibson, K. 2011. Hired guns and moral torpedoes: Balancing the competing moral duties of the public relations professional. PRism 8(1): http://www. prismjournal.org/homepage.html

Cahyono & Anang Sugeng. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Introduction to High Performance Computing for Scientists and Engineers

Kriyantono, R. 2019. Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspekfif Islam. Prenadamedia Group: Jakarta.

Moore, Frazier. 2004. Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumarto, Rumsari Hadi. 2016. “Komunikasi Dalam Kegiatan Public Relations”.Informasi Kajian Ilmu Komunikasi. Vol.46. No.1

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Yuningsih, S. (2023). PERAN HUMAS POLRES METRO DEPOK DALAM MENANGANI INFORMASI BERITA HOAX PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i1.361