PERAN HUMAS POLRES METRO DEPOK DALAM MENANGANI INFORMASI BERITA HOAX PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.55681/seikat.v2i1.361Keywords:
Hoax, Humas Polres Metro Depok, Instagram, Media SosialAbstract
Humas Polres Metro Depok Jawa Barat melakukan publikasi, sosialisasi dari sebuah kegiatan, informasi, berita, klarifkasi dan kampanye. Polri sebagai aparat penegak hukum dituntut untuk menjaga dan mengamankan stabililasi bangsa Indonesia dari berbagai aspek ancaman, termasuk untuk menjadi garda terdepan dalam pengendalian dan pengelolaan informasi berita Hoax yang masih marak terjadi dimedia sosial khususnya Instagram yang menjadi media sosial utama yang digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menggunakan teori Peran Public Relations menurut Broom dan Dozier. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana Peran Humas Polres Metro Depok Menangani Informasi Berita Hoax Pada Media Sosial Instagram dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Humas Polres Metro Depok. Hasil penelitian adalah Peran Humas Porles Metro Depok Jawa Barat telah melaksanakan secara optimal dalam menengani informasi berita Hoax pada media sosial Instagram. Faktor Pendukung adalah masyarakat dengan kesadarannya dalam bijak dan cerdas bersosial media khususnya di media sosial Instagram, sedangkan faktor penghambatnya adalah Masyarakat melakukan penyebaran sebuah informasi berita yang belum dipastikan terlebih dahulu sebelumnya kebeneran dari informasi berita tersebut maka tanpa disadari oleh masyarakat dapat secara tidak langsung menghambat kinerja pihak Kepolisian Humas Polres MetroDepok menangani informasi berita Hoax pada media sosial Instagram.
Downloads
References
Berg, K. T. & Gibson, K. 2011. Hired guns and moral torpedoes: Balancing the competing moral duties of the public relations professional. PRism 8(1): http://www. prismjournal.org/homepage.html
Cahyono & Anang Sugeng. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Introduction to High Performance Computing for Scientists and Engineers
Kriyantono, R. 2019. Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspekfif Islam. Prenadamedia Group: Jakarta.
Moore, Frazier. 2004. Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumarto, Rumsari Hadi. 2016. “Komunikasi Dalam Kegiatan Public Relations”.Informasi Kajian Ilmu Komunikasi. Vol.46. No.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.