Mobilitas Sosial dan Ketimpangan: Kajian tentang Akses Pendidikan sebagai Instrumen Perubahan Status

Authors

  • Alpi zaidah Program Studi Pendidikan IPA, Institut Pendidikan Nusantara Global, Lombok Tengah, Indonesia
  • Muhammad rudi gunawan parozak Program Studi Bahasa Indonesia, Institut Pendidikan Nusantara Global, Lombok Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v4i5.1654

Keywords:

Mobilitas, Sosial , Ketimpangan, Pendidikan, Perubahan, Kebijakan

Abstract

Mobilitas sosial merupakan salah satu indikator penting dalam memahami dinamika masyarakat modern, terutama ketika dikaitkan dengan persoalan ketimpangan sosial. Pendidikan, dalam hal ini, sering dipandang sebagai instrumen utama yang mampu membuka peluang bagi individu untuk mengubah status sosialnya. Namun, kenyataannya, akses pendidikan yang tidak merata justru berpotensi memperlebar jurang ketimpangan antara kelompok masyarakat yang memiliki privilese dengan mereka yang termarginalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara mobilitas sosial dan ketimpangan melalui analisis peran akses pendidikan sebagai instrumen perubahan status sosial. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan kajian literatur dan data empiris mengenai distribusi akses pendidikan di berbagai lapisan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pendidikan berperan signifikan dalam meningkatkan mobilitas vertikal, kesenjangan akses yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi, geografis, dan kebijakan publik masih menjadi hambatan utama. Dengan demikian, pendidikan hanya dapat berfungsi optimal sebagai instrumen mobilitas sosial apabila tersedia akses yang adil, inklusif, dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat. Kajian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap upaya merumuskan kebijakan yang lebih responsif dalam mengatasi ketimpangan sosial melalui pemerataan akses pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, A. N., & Malihah, E. (2024). The Dynamics of Cultural Capital in the Sekolah Penggerak Program: At SMAN 1 Babakan Madang, Bogor Regency. JSPH (Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis), 9(2), 1–18.

Armansyah, A., Noviarani, D., & Rusyiana, R. (2024). Implementasi Sistem Pendidikan Dalam Mengatasi Ketidaksetaraan: Pengaruh Terhadap Stratifikasi Sosial. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(3), 17235–17243.

Bagir, Z. A., Maarif, S., & Asy’ari, B. (2022). Keadilan bagi Kelompok Rentan dan Koalisi Masyarakat Sipil: Studi Kasus Advokasi Akses pada Keadilan di Indonesia (MaJu, 2016-2021).

Edo, A., & Yasin, M. (2024). Dampak kesenjangan akses pendidikan dan faktor ekonomi keluarga terhadap mobilitas sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 2(3), 317–326.

Maharani, C., Ningrum, D. A., Fatmawati, A. E., & Fadilla, A. (2024). Dampak kemiskinan terhadap kualitas pendidikan anak di Indonesia: Rekomendasi kebijakan yang efektif. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(3), 1–10.

Miftakhuddin, M. (2020). Kolonialisme: Eksploitasi dan pembangunan menuju hegemoni.

Nasrudin, S. H., MH, M., & Nina Nursari, S. E. (2025). BUKU PENGANTAR SOSIOLOGI (Teori, Realitas, dan Transformasi Sosial di Abad 21). Penerbit Widina.

Shofiyati, S. (2024). Persepsi Sosial Masyarakat Mengenai Pentingnya Pendidikan Formal Sebagai Mobilitas Sosial Di Desa Guluk Manjung Kecamatan Bluto [PhD Thesis]. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

Thahir, M., Widiawati, M. P., & Wahyuni Thahir, S. S. (2024). Perencanaan Pendidikan: Upaya Membangun Modal Manusia Unggul. Indonesia Emas Group.

Wulandari, R. T. (2019). PENDIDIKAN DAN MOBILITAS SOSIAL. KATA PENGANTAR, 153.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Alpi zaidah, & Muhammad rudi gunawan parozak. (2025). Mobilitas Sosial dan Ketimpangan: Kajian tentang Akses Pendidikan sebagai Instrumen Perubahan Status. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 4(5), 486–492. https://doi.org/10.55681/seikat.v4i5.1654