Kebijakan Tantangan Dan Problematika Kebijakan Pendidikan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Pandemi COVID-19 Di SMA Negeri 1 Bongan Kabupaten Kutai Barat

Authors

  • Rani Anggara Putri Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Suryaningsi Suryaningsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Marwiah Marwiah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v4i5.1653

Keywords:

Tantangan, Problematika, Kebijakan, Belajar Rumah, Pandemi

Abstract

Kebijakan belajar dari rumah banyak memunculkan hambatan-hambatan dalam proses pendidikan dimana terdapat banyak siswa yang tempat tinggalnya tidak terjangkau jaringan internet. Selain itu faktor ekonomi juga membuat banyak siswa yang meskipun tempat tinggalnya terjangkau jaringan internet namun terkendala dengan kekurangan kuota internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan, problematika, dampak dan upaya untuk mengatasi tantangan dan problematika kebijakan pendidikan belajar dari rumah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bongan Kabupaten Kutai Barat. Pemecahan tantangan dan problematika ini memerlukan kolaborasi lintas sektor, termasuk kerjasama antara pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Dalam menghadapi realitas pembelajaran dari rumah, kesimpulan penelitian ini menekankan perlunya pendekatan holistik dan kolaboratif untuk mengatasi tantangan dan memastikan keberlanjutan pendidikan yang berkualitas selama masa pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, R. (2022). Pembelajaran Daring pada Kegiatan Tutorial. Scientific Journal, 1(5), 383–390. https://doi.org/10.56260/sciena.v1i5.71

Anugrah Anugrah, S. S. (2021). Hak Memperoleh Lingkungan Hidup Yang Sehat Serta Kewajiban. 1(9), 1–11.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dindin Jamaluddin1, Teti Ratnasih2, Heri Gunawan3, E. P. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru :

Fauzia, L. (2020). Implementasi metode learning start with a question pada pembelajaran akidah akhlak. insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 240–269. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199

Fauzia, N., & Suryaningsi, S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Masyarakat RT 04 Kampung Baru Balikpapan di Masa Pandemic COVID-19. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(12), 421–427.

Herlinda Ragil Feby Carmela, S. (2021). Penegakan Hukum Dalam Pendidikan dan Perlindungan Anak di Indonesia. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 1(2), 58–65.

Id, S. (2020). suryaningsi Karakter.

Lestari, S., & Marhamah, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif dalam pembelajaran online. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 146–154. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.37057

Putri, Y. E., & Fernandes, R. (2019). Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.8

Safira, M. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis daring pada materi membuat pantun. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/khyg9

Studi, P., Fakultas, H., Universitas, H., Kalimantan, M., Studi, P., Pancasila, P., & Keguruan, F. (2023). PARTA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Hukum Pencegahan Tindak Kekerasaan dan Perilaku Bullying Pada Anak di TK ABA Samarinda Pendahuluan. 4, 156–163.

Suryaningsi, S., Alim, S., Wingkolatin, W., & Jamil, J. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Academica.

Suryaningsi, S., Nurlaili, N., & Siringoringo, M. (n.d.). Teacher Self-Efficacy for Professional Development during the COVID-19 Pandemic In East Kalimantan. 1–9.

Suryaningsi, S., Training, T., & Pahu, J. M. (2022). Cypriot Journal of Educational How does the principal ’ s policy respond to professional learning during the COVID-19 pandemic ? 17(11), 3950–3968.

Tika Widyaningsih, S. S. (2021). Hukum Kajian Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Digital Anak Sebagai. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu, 1(5), 171–181.

Warman Warman, Suryaningsi Suryaningsi, & Demsy Salimdeho. (2018). The Nature of Nation Character Establishment Through Educational Local Uniqueness Basis (Elub). 144, 87–89. https://doi.org/10.2991/icedutech-17.2018.16

Yusuf Bilfaqih, M. N. Q. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (Cetakan ke). CV Budi Utama.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Pendidikan, 13, 163–164. Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 di SMP Muslimin Cililin. 05(01), 551–561.

Latiafah, R., Hanifa, F., & Pd, H. M. (2021). Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta. 1, 36–43.

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pendahuluan. 10(1), 41–48.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. 9(1), 1–9.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Rani Anggara Putri, Suryaningsi Suryaningsi, & Marwiah Marwiah. (2025). Kebijakan Tantangan Dan Problematika Kebijakan Pendidikan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Pandemi COVID-19 Di SMA Negeri 1 Bongan Kabupaten Kutai Barat. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 4(5), 478–485. https://doi.org/10.55681/seikat.v4i5.1653