Sosial Media dan Kesadaran Lingkungan: Pengaruh Kampanye Digital terhadap Perilaku Ramah Lingkungan

Authors

  • Irhas Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Unifersitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Reni Program Studi Ekonomi, Fakultas ekonomi, Unifersitas Islam Negeri, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v4i1.1633

Keywords:

Sosial, lingkungan, digital, perilaku, Adfokasi

Abstract

Perkembangan pesat media sosial telah mengubah cara individu memperoleh informasi, membangun opini, dan mengambil tindakan, termasuk dalam isu-isu lingkungan. Penelitian ini mengkaji pengaruh kampanye digital di media sosial terhadap peningkatan kesadaran lingkungan dan perilaku ramah lingkungan masyarakat. Melalui analisis konten kampanye digital dan survei terhadap pengguna aktif media sosial, ditemukan bahwa media sosial memainkan peran signifikan sebagai sarana edukasi dan advokasi lingkungan. Konten kampanye yang kreatif, interaktif, dan berbasis bukti ilmiah terbukti lebih efektif dalam memengaruhi sikap dan tindakan, seperti pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, pengelolaan sampah, dan pemilihan produk ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif dalam kampanye digital tidak hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga memperkuat norma sosial yang mendorong perubahan perilaku kolektif. Namun, efektivitas kampanye dipengaruhi oleh kepercayaan terhadap sumber informasi, tingkat literasi digital, dan konsistensi pesan. Studi ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara komunitas, aktivis lingkungan, dan platform media sosial untuk memperluas jangkauan kampanye dan mendorong perubahan perilaku yang berkelanjutan. Dengan demikian, media sosial dapat menjadi alat strategis dalam memperkuat gerakan lingkungan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, F. (2023). Strategi penguatan literasi digital berbasis komunitas dalam melawan hoaks pada media sosial di Gerakan Masyarakat Peduli Literasi Digital Kota Bekasi [B.S. thesis]. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta.

Aryoso, H., & Santi, F. (2023). Milenial dan Investasi Berkelanjutan: Menghindari Jebakan Greenwashing. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(04), 1175–1184.

Fauzi, A. (2024). TA: Perancangan Motion Graphic sebagai Media Kampanye Sosial untuk Menggugah Kesadaran Literasi Digital Generasi Muda [PhD Thesis]. Universitas Dinamika.

Hidayat, R. (2025). STRATEGI KAMPANYE KANDIDAT DALAM PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA 2024: ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA TRADISIONAL DAN MEDIA SOSIAL. CORE: Journal of Communication Research, 12–25.

Humaida, N. (2024). Dasar-dasar pengetahuan lingkungan berbasis perubahan iklim global. UrbanGreen Central Media.

Naufaldhi, M. R. (2024). Strategi Kreatif Komunikasi Dakwah di Media Sosial Untuk Generasi Z Studi Kasus Realmasjid 2.0 [PhD Thesis]. Universitas Islam Indonesia.

Nurdiansyah, R. (2025). Peran Komunikasi Dalam Pembentukan Identitas Diri Pada Remaja Di SMA 1 Kota Bangkinang. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1–10.

Pasaribu, F., & Parningotan, B. (2025). Mengatasi Gap Generasi dalam Komunikasi Kristen: Pendekatan yang Relevan dan Kontekstual. Real Didache: Journal of Christian Education, 81–95.

Qadir, A., & Ramli, M. (2024). Media sosial (definisi, sejarah dan jenis-jenisnya). Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(6), 2713–2724.

Ramadhani, A. P. (2019). Strategi Komunikasi Greenpeace Indonesia dalam Mensosialisasikan Gerakan Global# BreakFreeFromPlastic di Instagram [B.S. thesis]. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Supriatna, J. (2024). Ekowisata Hidupan Liar Berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Irhas, & Reni. (2025). Sosial Media dan Kesadaran Lingkungan: Pengaruh Kampanye Digital terhadap Perilaku Ramah Lingkungan. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 4(1), 315–321. https://doi.org/10.55681/seikat.v4i1.1633