Internalisasi Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Melalui Materi Penegakan Hukum Pengelolan Lingkungan di Industri Pertambangan

Authors

  • Eko Nopianto Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Suryaningsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Wingkolatin Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v3i1.1195

Keywords:

Ketahanan Nasional, Kesejahteraan, Keadilan, Penegakan Hukum

Abstract

Industri pertambangan seringkali dihadapkan pada tantangan dalam menjaga keseimbangan antara kegiatan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Upaya mengatasi isu lingkungan yang semakin kompleks, diperlukan keterlibatan aktif semua pihak yang terkait, termasuk pemerintah, pelaku industri, masyarakat sipil, dan juga generasi muda dalam memahami isu lingkungan dan hukum yang terkait dengan industri pertambangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk peningkatan berfikir kritis siswa dalam menghadapi isu kompleks lingkungan di industri pertambangan. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif pendekatan naratif dan fenomenologi, melalui wawancara dalam mengumpulkan data dilanjutkan kemetode trianggulasi mengukur keabsahan data. Kesimpulan bahwa penerapan guided learning pada materi penegakan hukum pengelolaan lingkungan di industri pertambangan dapat membekali siswa dengan pemahaman mendalam tentang isu-isu lingkungan, hukum, dan dampak dari industri pertambangan pada ketahanan nasional, kesejahteraan, dan keadilan masyarakat. Dengan meningkatnya kemampuan berfikir kritis, siswa dapat lebih proaktif dalam mengidentifikasi solusi yang berkelanjutan bagi tantangan pengelolaan lingkungan dimasa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Algiani, S. R. et al. (2023) ‘Application of Guided Inquiry Model Using Self-Regulated Learning Approach to Improve Student’ s Creative Disposition and Creative Thinking Skill in Biology Subject’, Journal of Research in Science Education, 9(1), pp. 221–230. doi: 10.29303/jppipa.v9i1.2836.

Anugrah Anugrah, S. S. (2021) ‘Hak Memperoleh Lingkungan Hidup Yang Sehat Serta Kewajiban’, De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(9), pp. 1–11.

Arrifa, S. N. and Zulfiati, H. M. (2023) ‘Application of the Tri-N-Based PBL Learning Model (Niteni, Nirokke, Nambahi) in Class V Elementary School Social Studies Learning Penerapan’, Jurnal Pendidikan IPS, 13(1), pp. 81–89. doi: https://doi.org/10.37630/jpi.v13i1.1017.

Baharuddin, W. and Daud, F. (2013) ‘Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SMA Negeri 1’, pp. 785–792.

Eka, N. and Mardiyanti, A. (2022) ‘Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Interactive Simulations untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), pp. 327–336. doi: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5281 ©.

Hamruni (2015) ‘KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN Kontekstual’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, XII(2), pp. 177–188.

Jamin, M., Jaelani, A. K., Mulyanto, Kusumaningtyas, R. O., & Ly, D. Q. (2023). Hasanuddin LawReview The Impact of Indonesia’ s Mining Industry Regulation on the Protection of Indigenous Peoples. Hasanuddin Law Review, 1(1), 88–105. https://doi.org/10.20956/halrev.v9i1.4033

Kemendikbud (2022). Panduan Pengembangan Projek Pengauatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Luthfi, A. (2023) ‘How is the Alternative Use of Post Mining Land? Empirical Evidence at PT. Nuansacipta Coal Investment’, Proceeding ADRI International Conference on …, pp. 342–354. Available at: https://prosiding.p-adri.or.id/index.php/icadri/article/view/65%0Ahttps://prosiding.p-adri.or.id/index.php/icadri/article/download/65/48.

Mahfud, Rosmawati and Nurdin (2022) ‘CORPORATE RESPONSIBILITY FOR ENVIRONMENTAL PROTECTION AND MANAGEMENT IN EX-MINING LAND’, Syiah Kuala Law Journal, 6(April), pp. 108–121. doi: https://doi.org/10.24815/sklj.v6i1.28413.

Octavia, A., Erika, F. and Nurhadi, M. (2022) ‘Guided Discovery Learning Berbasis Indigenous Knowledge Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), pp. 361–368. doi: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i3.12038.

Sari, R. P. et al. (2023) ‘Studi komparasi model guided discovery learning dan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi’, Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), pp. 859–870. doi: 10.17977/um063v3i82023p859-870.

Suryaningsi et al. (2015) ‘The Essence Of State-Control Over Management And Utilization Of Mineral And Coal Resources’, International Journal of Scientific & Technology Research, 4(11), pp. 276–280.

Suryaningsi, S. (2020a) ‘Legal Certainty Of Mining Management After The Enactment Of Indonesian Law On Local Government No. 23 Of 2014’, Solid State Technology, 63(6), pp. 6927–6946.

Suryaningsi, S. (2020b) ‘Legal Certainty Of Mining Management After The Enactment Of Indonesian Law On Local Government No. 23 Of 2014’, Solid State Technology, 63(6), pp. 6927–6946.

Suryaningsi, S. (2021) ‘Government Policy Functions on The Supporting Aspect of Mineral Resources Management and Post Retail in Stipulation of Act No. 23 of 2014’, (23), pp. 1–13. doi: 10.4108/eai.17-7-2019.2303521.

Suryaningsi, S. (2023) ‘Challenges and Implementation of Environmental Law in Sustainable Development in the Coal Mining Industry Area’, Novateur Publications, pp. 12–23. Available at: http://novateurpublication.org/index.php/np/article/view/157%0Ahttps://novateurpublication.org/index.php/np/article/download/157/151.

Suryaningsi, S. et al. (2023) ‘Utilization of the Women’ s Organization of the Samarinda Branch of the Indonesian Student Corps as a Gender-Based Leadership Base’, International Journal of Membrane Science and Tecnology, 10(2), pp. 140–148.

Suryaningsi, S., Bahzar, M. and Pardosi, J. (2021) ‘Impact Of Coal Proper Assessment And Follow-Up Supporting Sustainable Development At PT. Cahaya Energy Mandiri’, Educational Studies: Conference Series, 1(1 SE-Articles). doi: 10.30872/escs.v1i1.879.

Suryaningsi, S., Training, T. and Pahu, J. M. (2022) ‘Cypriot Journal of Educational How does the principal’ s policy respond to professional learning during the COVID-19 pandemic?’, 17(11), pp. 3950–3968.

Tarigan, J. and Antonius, J. (2023) ‘The Effect of Internal Corporate Governance Mechanisms Toward Corporate Social Responsibility Disclosures: Evidence Found in Indonesia Listed Mining Industry’, Asia-Pacific Management and Business Application, 11(3), pp. 303–322. doi: 10.21776/ub.apmba.2023.011.03.4.

Tarigan, J., & Antonius, J. (2023). The Effect of Internal Corporate Governance Mechanisms Toward Corporate Social Responsibility Disclosures: Evidence Found in Indonesia Listed Mining Industry. Asia-Pacific Management and Business Application, 11(3), 303–322. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2023.011.03.4

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2018)

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Nopianto, E., Suryaningsi, S., & Wingkolatin, W. (2024). Internalisasi Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Melalui Materi Penegakan Hukum Pengelolan Lingkungan di Industri Pertambangan. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.55681/seikat.v3i1.1195