The Importance of Interpersonal Communication Competence for Fresh Graduates in Facing the Industrial World

Authors

  • Rahadi Pratomo Singgih Master’s of Administration Sciences, STIAMI - Institute of Social Sciences and Management
  • Mira Permata Sari Master’s of Administration Sciences, STIAMI - Institute of Social Sciences and Management
  • Ayu Pratiwi Master’s of Administration Sciences, STIAMI - Institute of Social Sciences and Management
  • Yusyanah Master’s of Administration Sciences, STIAMI - Institute of Social Sciences and Management

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v3i1.1143

Keywords:

Kompetensi Komunikasi Antarpribadi, Lulusan Baru, Dunia Industri

Abstract

Orang yang memiliki kemampuan sosial dan dapat berkomunikasi dengan baik cenderung lebih berhasil dibanding dengan mereka yang tidak memiliki kemampuan tersebut, dan salah satu faktor yang banyak menentukan keberhasilan dalam menjalin komunikasi dengan orang lain adalah kompetensi interpersonal. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana kompetensi komunikasi interpersonal fresh graduates apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan fresh graduate agar memiliki kompetensi komunikasi interpersonal. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur kepada 10 Human Resources Manager yang telah memiliki pengalaman dalam merekrut fresh graduate selama lebih dari 5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para fresh graduates masih harus meningkatkan kualitasnya dalam komunikasi interpersonal khususnya kemampuan berinisiasi, manajemen konflik, empati, kesetaraan, kemampuan mendengarkan, komunikasi efektif, kesadaran diri, dan Kerjasama tim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boediardja, Siti Aisyah. (2009. Sumber komunikasi dengan empati, informasi dan edukasi. Citra Profesionalisme Kedokteran.

BPS (2023). Statistik Indonesia. Tingkat Pengangguran Terbuka. Jakarta: BPS

Buhrmester, Furman, Wittenberg & Reis. (1988). Five domains of interpersonal competence in peer relationships. Journal of Personality and Social Psychology, 55(6), 991-1008.

Campbell, Tom. (1994). Tujuh Teori Sosial. Yogjakarta: Kanisius.

Chickering, A. W., & L. Reisser, L. (1993). Education and identity (2nd ed.). San Francisco: Jossey-Bass.

Creswell, John W. (2009). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

DeVito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book (13th ed.). New York: Pearson.

DeVito,J. A. (2014). Interpersonal Message. United States of America: Pearson

Effendy, Uchjana, Onong. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2006). Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Handfield (2006) Handfield, R. (2006). Faith in the Moral Integrity of Others. http://www.careersuperstar.com/i nterpersonal_competence/

Hasanah, H. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dalam Menurunkan Problem Tekanan Emosi Berbasis Gender. Jurnal Sawwa, 11 (1), 54-55.

Hughes, R. L., Ginnet, R. C., and Curphy, G. J. (2012). Leadership: Memperkaya Pelajaran dari Pengalaman. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Humanika

Jerving, J. 2001. Managing Through Motivation. e-book: a summary of M35. Managing . Condensed from Management Enrichment Training Program (MERIT) module M35 Managing Through Motivation, published by CUNA’s Center for Professional. www.cuna.org.

Johnson dan Johnson (1991), Johnson DW & Johnson, R, T (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon: Massa Chussetts

Lange, A.J., & Jakubowski, P. (1978). Responsible Assertive Behavior : Cognitif. Behavior Procedures for Trainers. USA : Research Press.

Listyowati, Ganil. (2008). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Pengelolaan Kelas Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi FKIP UMS Surakarta : Tidak diterbitkan.

Lunandi. A.G. (1997). Komunikasi Mengena : Meningkatkan Efektivitas Komunikasi. Antar Pribadi. Yogyakarta : Kanisius.

Mashigo, A.C.L. (2014). Factors Influencing Work Readiness Of Graduates: An Exploratory Study. (Tesis, Stellenbosch University) Diunduh dari http://hdl.handle.net/10019.1/95884

Mason, J. (2006). Mixing Methods in a Qualitative Driven Way. Qualitative Research, 6, 9- 25. http://dx.doi.org/10.1177/1468794106058866

McGaha, V. & Fitzpatrick, J. (2005). Personal and social contributors to dropout risk for undergraduate students. College Student Journal.

Moleong, Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : CV. Remaja Rosdakarya. h.112.

Moore, H. Frazier. (2004). Humas (Membangun Citra dengan Komunikasi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. h. 176.

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi Universitas Jambi. Diunduh dari https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/1 38

Novianti, E. (2021). Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit. ANDI.

Sadarjoen, S.S. (2005). Konflik Marital : Pemahaman Konseptual, Aktual, dan Alternatif Solusinya. Bandung : PT. Refika Aditama.

Siregar, Angela Monica (2018) Proses Komunikasi Interpersonal Orangtua Dan Anak Autism Spectrum Disorder (Asd) (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal Antara Orangtua dan Anak ASD di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. London: Sage. Pp. 12.

Stephenmarks (2006). Interpersonal Competence. http://www.stephenmarks. com/interpersonal-competence.htm

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. h. 56.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. h. 249.

Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). (2021). Badan Pusat Statistik. Jakarta: BPS.

Sutianto. (2015). Pengusaha Sindir Kualitas Lulusan Sarjana Minim Kemampuan. Jakarta: Detik Finance. Diakses pada 23 November 2023, dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2933334/pengusahasindir-kualitas-lulusan-sarjana-ri-minim-kemampuan

West, Richard. Lynn H. Turner. (2007). “Pengantar Teori Komunikasi”. Jakarta. Salemba Humanika.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Singgih, R. P., Sari, M. P., Pratiwi, A., & Yusyanah, Y. (2024). The Importance of Interpersonal Communication Competence for Fresh Graduates in Facing the Industrial World. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.55681/seikat.v3i1.1143