Quality of Tourism Services in Creating Visitor Satisfaction : A Case Study on the Revitalization of Taman Mini Indonesia Indah
DOI:
https://doi.org/10.55681/seikat.v3i1.1135Keywords:
Kualitas Pelayanan Wisata, Kepuasan Pengunjung, Revitalisasi TMIIAbstract
Kepuasan wisatawan menjadi acuan keberhasilan perusahaan dalam memberikan pelayanannya pada konsumen. Obyek wisata pertama di Indonesia yang bertemakan budaya, salah satunya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang baru selesai direvitalisasi pada tahun 2022 lalu. Setelah revitalisasi, ternyata masih banyak keluhan dari pengunjung terkait kualitas produk wisata dan pelayanannya. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan aspek-aspek apa yang dikeluhkan oleh pengunjung dan apa solusi yang harus dilakukan oleh pihak pengelola. Ini adalah sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 20 pengunjung yang terdiri atas kaum remaja, dewasa, lansia dan penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kepariwisataan setelah TMII direvitalisasi ternyata belum dapat memberikan kepuasan kepada pengunjung. TMII belum dapat memenuhi kebutuhan pengunjung baik dari sisi kualitas produk maupun kualitas pelayanannya. TMII juga dianggap belum cukup ramah kepada lansia dan penyandang disabilitas.
Downloads
References
Anshori, Yusak. (2010). Tourism Board Strategi Promosi Pariwisata Daerah. Surabaya: ITS Press. h.1
Badan Pusat Statistik (BPS) (2022). Badan Pusat Statistik. 2022. Indonesia dalam Angka 2021. Pendapatan Penduduk. Indonesia.
Gerry Ramadhan. Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2005). Service Quality Satifaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Katadata (2023) https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/20/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-tmii-kembali-meningkat-pada-2022
Kotler Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT. Prenhallindo: Jakarta.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2004). Marketing an Introduction. 7th edition. International Edition, Prentice Hall International, Inc, New York.p. 283.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. (2011). Manajemen Pemasaran , jilid I dan II, Edisi 9, Jakarta: PT.Indeks, Gramedia.
Laksono, Muhdany Yusuf (2022). "Revitalisasi TMII Berkonsep Indonesia Opera, Dimulai Januari Ini". Kompas.com. Accessed 2023-12-21.
McMillan, J.H. and Schumacher, S. (2001). Research in Education. New York: Longman, Inc.p. 443.
Murdana, I. M., Fauzan, R., Damanik, D., Sucandrawati, N. L. K. A. S., A, M. U., Febrianto, R. S., Pujilestari, S., Rosalina, T., Evita, R., & Kusnadi, I. H. (2023). Ekonomi Pariwisata. Global Eksekutif Teknologi. h. 250. https://books.google.co.id/books?id=ueeuEAAAQBAJ detikedu. Accessed 21 December 2023.
Nursyamsi, M., & Puspita, R. (2022). InJourney: Revitalisasi TMII Rampung Pada Oktober 2022. Republika. https://news.republika.co.id/berita //r65a64428/injourney-revitalisasitmii-rampung-pada-oktober-2022
Rangkuti, F. (2013). Costumer Service Satisfaction & Call Center. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ratmiko dan Atik Septi Winarsih. (2015). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. h 2.
Rianto, H. Nur. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung: Alfabeta. hlm. 211.
Safitri, Devita. (2022). "TMII: Sejarah, Revitalisasi hingga Jadi Tempat Perayaan Puncak Tahun Baru"Rambat, Lupiyoadi. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.
Saryono (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
Satori Djam'an dan Aan Komariah. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Savitri, Devita (2022). "TMII: Sejarah, Revitalisasi hingga Jadi Tempat Perayaan Puncak Tahun Baru". detikedu. Accessed 21 December 2023.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (7th ed.). Jakarta: Indeks.
Septiani, Risa. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Jasa Transportasi Online Gojek di Yogyakarta) Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17, Nomor 2, 2020.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, M. (2011). Manajemen Pemasaran Bank. Edisi Kelima Revisi. Yogyakarta: Liberty
Tjiptono Fandy. (2001).Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono Fandy. (2012). Service Management mewujudkan layanan prima. Edisi ke 2. Andi : Yogyakarta.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.
Yin, Robert K. (1994). Case Study Research. Thousand Oaks, London,.
Yin, Robert.K. (2003). Studi Kasus, Desain, dan Metode. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Zeithaml, V.A and Parasuraman. (2004). Service Quality. New York: Marketing Science Institute. p. 65.
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 6th Ed. Boston : Mc.Graw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.