PENGARUH PROMOSI ONLINE, KEPERCAYAAN KONSUMEN, DAN CITRA RASA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MEMBELI ROTI BAKAR (Study Kasus Roti Bakar Saidi Bago Tulungagung)

Authors

  • Elsa Widya Fatmala Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.980

Keywords:

Citarasa, Kepercayaan Konsumen, Promosi Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online, kepercayaan konsumen,dan citarasa terhadap minat beli konsumen di Roti Bakar Saidi Bago,Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data kuesioner,bahwa penelitian ini disajikan dalam bentuk angka-angka. Populasinya yaitu tidak terhingga, sehingga sampelnya yaitu sebanyak 97 responden yaitu yang sudah atau sedang membeli di roti bakar saidi tersebut.  Dalam penelitian ini, Promosi online (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) dapat diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 3.542 > 1.66071, dan nilai signifikasi 0,001 ≤ 0,05, kepercayaan konsumen (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) dapat diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2.240 > 1.66071, dan nilai signifikasi 0,027 ≤ 0,05, cita rasa (X3) juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) dapat diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5.317 > 1.66071, dan nilai signifikasi 0,000 ≤ 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekaran Praktek. Cetakan Ke. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Chrissanty, Hannah. Simbolon, Remista. 2022. “Pengaruh Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Shopeefood (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia).” Journal Scientific Of Mandalika (Jsm) 3 (9): 1–12.

Irawan, Muhammad Rizal Nur. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya.” Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 5 (2): 140.

Islamiyah, Z. 2019. “Pengaruh Promosi Online Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Dhy Hijab Jombang.” Bima: Journal Of Business And Innovation … 1 (2): 205–11.

Journal, Islamic Economic, And Indah Purnama. 2020. “Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen” 1 (2): 14–20.

Purwanto, Nfn. 2019. “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Teknodik 6115: 196–215.

Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statiska. Edited By M. Pd Dr. Prana Dwija Iswarta. Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta.

Rosdiana, Riski, Iyus Akhmad Haris, Kadek Rai Suwena, Jurusan Pendidikan Ekonomi, And Universitas Pendidikan Ganesha. 2019. “(Rosdiana Et Al. 2019) .” 11 (1).

Rosida, And Intisari Haryanti. 2020. “Pengaruh Promosi Online Dan Persespsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Nithalian Colletion Bima).” Journal Of Bussines And Economics Research 1 (2): 150–60.

Sobandi, Agus, And Bambang Somantri. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online.” Winter Journal 1 (1): 41–52.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, Riyanto Setiawan, And Rini Purnama Sari. 2019. “Pengaruh Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab.” Jamin : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis 1 (2): 41.

Tilaar, Florida, S.L.H.V. Joyce Lapian, And Ferdy Roring. 2018. “Pengaruh Kepercayaan, Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shoppe Secara Online Pada Anggota Pemuda Gmim Zaitun Mahakeret.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6 (4): 2028–37.

Yoebrilianti, Anggit. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variable Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial).” Jurnal Manajemen 8 (1): 20–41.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Fatmala, E. W. (2023). PENGARUH PROMOSI ONLINE, KEPERCAYAAN KONSUMEN, DAN CITRA RASA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MEMBELI ROTI BAKAR (Study Kasus Roti Bakar Saidi Bago Tulungagung). JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3412–3423. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.980