PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN MIE GACOAN DI BEKASI TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.352Keywords:
Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan pelanggan dapat mempengaruhi hubungan dari kualitas layanan, kualitas produk dan harga yang ada dalam proses usaha restaurant Mie Gacoan terhadap loyalitas pelanggan. metode penelitian kuantitatif dan untuk memperoleh sample dalam penelitian ini penulis menggunakan metode purposive sampling. Besaran sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 125 responden dan terfokus pada pelanggan Mie Gacoan yang juga mahasiswa di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Variabel kualitas layanan, Variabel kualitas produk dan Variabel harga tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Variabel Loyalitas Pelanggan. Variabel kualitas layanan dan Variabel kualitas produk terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Pelanggan sedangkan Variabel harga tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Pelanggan. variabel Kepuasan Pelanggan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Sehingga variabel Kepuasan Pelanggan tidak mampu memediasi variabel kualitas layanan dan variabel harga tetapi mampu memediasi variabel kualitas produk. Penulis menyadari bahwa dalam penelitian ini mempunyai kekurangan dan keterbatasan meskipun begitu penulis mengharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait di dalam penelitian ini. penelitian ini dapat digunakan untuk memperkaya pengetahuan dan melengkapi literatur mengenai analisis Kualitas Layanan, Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada produk Mie Gacoan.
Downloads
References
Achsa, A., & Kurnianingsih. (2022). Analisis Citra Merek , Promosi , dan Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus : Mie Gacoan Magelang ). Economics and Education, 4(2), 181–206. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/ecoducation%0AP-ISSN
Aulia, M., & Hidayat, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(5), 17.
Ayuwardani, M., Yunianto, B., & Adie, N. (2021). Analysis of Mie Gacoan Customer Loyalty through Customer Experience and Perceived Quality. 5, 936–945.
Cahyani, F. G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1– 19.
Ditha, H. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 25–38. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431
Fasha, H. F., & Madiawati, P. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk ZARA di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 6(2), 4060–4080. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/managemen t/article/view/9449/9319
Gea, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Caritas Market Gunungsitoli). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 893–899.
Hanifa, O., Kurniawati, T., & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasipada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 794. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5658
Harianto, D. dk. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image, dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening konsumen kedai deja- vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–8.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251
Janah, Z. N., Maruta, A., & Pudjianto, A. (2021). Pengaruh Brand Image , Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mie Gacoan Gresik. Administrasi Bisnis, 131–135.
Khoironi, T. A., Syah, H., & Dongoran, P. (2018). Product Quality, Brand Image and Pricing To Improve Satisfaction Impact on Customer Loyalty.
International Review of Management and Marketing, 8(3), 51–58. http:www.econjournals.com
Khoirulloh, Haryono, andi tri, & Wulan, sri wulan. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pembelian sebagai variabel intervening (. Journal of Management, 4, 1–21. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1006
Kristanto, J. O. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Nilai. Manajemen . Petra.Ac.Id, 59.
Maimunah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542
Murningsih, E., Susanti, R., & Indriastuti, D. R. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. 20(1), 34–43.
Mutammam, M., Sumarwan, U., & Tinaprilla, N. (2019). Pengaruh Pengetahuan Konsumen, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengisian Angin Merek Green Nitrogen. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 231–241. https://doi.org/10.17358/jabm.5.2.231
NISA, A. K. (2020). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Berdasarkan Analisis Teori Antrian Pada Mie Gacoan Colombo. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/189370
Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006
Permana, E. wahyu abdi, & Panjaitan, H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN KENYAMANAN TEMPAT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MIE GACOAN AMBENGAN SURABAYA. 105(3), 129–133.
https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:ht tps://media.neliti.com/media/publications/9138 -ID-perlindungan-hukum- terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan- ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id
Prasati, G. ayu, & Maisara, P. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga, dan Citra Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Solo Raya. Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, IX, 276–288.
Putra, F. W., & Eka Sulistyawati. (2018). KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Fakultas Ekonomi Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Pada era globalisasi saat ini perkembangan bisnis di seluruh dunia semakin pesat , khususnya di Indonesia . Perkembangan dunia bisnis dewasa ini. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 525– 554.
Putri, K. A. A. A. D., & Rastini, N. M. (2022). PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN TEH GELAS DI KOTA DENPASAR). 11(10), 1771–1791. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i10.p02
Salsabila, A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan ( Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang ). Journal Management & Bussines, 5(c), 156–167.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Sidik, M., Suprihartini, L., & Kurniawan, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Supermarket X). 1–13.
Zulkarnain, R., Taufik, H., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening ((Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 87–110. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/816
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.