PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MANFAAT PAYLATER DAN PENDAPATAN GENERASI Z TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PAYLATER DI PLATFROM SHOPEE PADA KECAMATAN TAMBUN SELATAN

Authors

  • Martanti Cahya Ningsih Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Choiroel Woestho Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dody Kurniawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.967

Keywords:

Literasi Keuangan, Manfaat Paylater, Minat Penggunaan, Pendapatan

Abstract

Peneltian ini digunakan untuk mengukur pengaruh literasi keuangan, manfaat paylater dan pendapatan generasi z terhadap minat penggunaan paylater di platfrom shopee pada kecamatan tambun selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana objek yang digunakan generasi Z di Kecamatan Tambun Selatan. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 130 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesoner dan pengolahan data serta pengujian hipotesis menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasul uji analisis memberikan hasil bahwa :(X1) Literasi keuangan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan shopee paylater pada kecamatan tambun selatan, (X2) Manfaat paylater secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan shopee paylater pada kecamatan tambun selatan, (X3) Pendapatan secara parsial  berpengaruh terhadap minat penggunaan shopee paylater pada kecamatan Tambun Selatan dan (X1) Literasi keuangan (X2) Manfaat paylater (X3) Pendapatan penelitian ini secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan shopee paylater pada Kecamatan Tambun Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaruqy, M. Z. (2022). Generasi Z dan Nilai-Nilai Yang Dipersepsikan Dari Orang Tuanya. PSYCHE: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah LampungNo 4, 84-95.

Anisah, N., & Crisnata, H. F. (2021). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Pengguna Fintech Payment OVO. JAD : Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.26533/jad.v4i1.752

Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater. Universitas Negeri Jakarta, 2.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multibvariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta.

Mentari, A. C., & Bendesa, I. K. G. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam menggunakan uang elektronik di Kota Denpasar, Provinsi Bali. E-Jurnal EP Unud, 7(4), 646–676.

Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh persepsi manfaat terhadap keputusan penggunaan gopay di surabaya dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 17(2), 277–288.

Okta, E. C. (2021). Pandangan Hukum Islam Terhadap Tunda Bayar (Paylater) Dalam Transaksi E-Commerce Pada Aplikasi Shopee.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04

Putri, S. E., Safitri, H., & Hariyanto, D. (2023). Volume . 19 Issue 1 ( 2023 ) Pages 64-72 INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan dan Manajemen ISSN : 0216-7786 ( Print ) 2528-1097 ( Online ) Pengaruh literasi keuangan dan technology acceptance model terhadap minat menggunakan paylater pada mahasiswa The ef. 1(1), 64–72.

Rahma, S. U. ., Bukhari, E., & Prasetyo, E. . (2022). Pengaruh Literasikeuangan,Pendapatan Dan Gayahidup Terhadap Perilakukonsumtifbelanjaonlinepadamasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM), 18(1), 49–56.

Rahmayanti, W., Sri Nuryani, H., & Salam, A. (2019). Pengaruh Sikap Keuangan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.267

Rismayadi et al., 2020. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater Pada Generasi Millenial Disusun.

Russetyowati, A. (2018). Peningkatan Minat Penggunaan Kartu Kredit Syariah Melalui Pendekatan Kepercayaan, Sikap, dan Pendapatan. Journal of Finance and Islamic Banking, 1(1), 39–54. https://doi.org/10.22515/jfib.v1i1.728

Taufik, N., & Hanafiah, M. H. (2019). Airport passengers’ adoption behaviour towards self-check-in Kiosk Services: the roles of perceived ease of use, perceived usefulness and need for human interaction. Heliyon, 5(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02960

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Ningsih, M. C., Woestho, C., & Kurniawan, D. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MANFAAT PAYLATER DAN PENDAPATAN GENERASI Z TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PAYLATER DI PLATFROM SHOPEE PADA KECAMATAN TAMBUN SELATAN. JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3218–3231. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.967