PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Y.O.U PADA HASANAH MART AIR HAJI

Authors

  • Doni Marlius Akademi Keuangan dan Perbankan Padang
  • Nadilla Jovanka Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Produk Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian (studi terhadap konsumen produk kosmetik Y.O.U di Hasanah Mart Air Haji). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data regresi linier berganda. Sampel penelitian Sampel penelitian ini adalah konsumen berusia minimal 17 tahun yang membeli dan menggunakan produk kosmetik YOU di Hasanah Mart. Sampel diambil dengan non-probability sampling (purposive sampling). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu harga (X) dan promosi produk (X) dan variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian. Dari perhitungan uji-t, dapat dilihat bahwa untuk harga (X) nilai t-hitung besar dari t-tabel 2.229 > 0,677 dan nilai signifikan 0,028 <0,05 untuk N = 92, kesimpulannya adalah hipotesis dapat diterima atau dibuktikan benar untuk variabel harga (X ). Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara keputusan harga dan pembelian. Sedangkan uji-t untuk promosi (X) nilai hitungan t besar dari tabel t 4,274 > 0,677 dan nilai signifikan 0,000 <0,05 untuk N = 92, maka kesimpulannya juga hipotesis diterima untuk variabel promosi produk (X). Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara promosi produk dengan keputusan pembelian. Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah persepsi harga, sehingga perusahaan dapat mempertahankan harga yang cukup terjangkau untuk memperbaiki keputusan pembelian produk kosmetik ANDA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman (2012). Manajemen Pemasaran Sebagai Dasar dalam Penilaian Keuangan. Jakarta: Erlangga

Andanawawi. (2018). Manajemen Pemasaran. Yoyakarta: Buana Pers

Amilia (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa .Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra

Arianto. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13533/1

Agustina. (2017). Pengaruh Kualitas Produkdan Harga Terhadap Minat Beli Study Kasus Pada Konsumen. https://repository.usd.ac.id/32254/2/142214164_full.pdf

Asoloei, (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/download/23511/23168

Devi. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Surabaya).” JURNAL EKONOMI 22 (1):101–18.

Erdalina dan Nita,.(2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Y.O.U https://repo.undiksha.ac.id/7984/3/1417011017

Febrinaz,. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa (i) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin dalam Perspektif Ekonomi Islam

Feby Alincia, (2015). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rental Mobil di Surakarta.

Garvin. 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa BP Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomi, Universitas Samudrao.

Global.Web Index. https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2021

Hasbi. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, Kulitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an

https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2020/blog/lifestyle/zap-beauty-index-2020-ungkap-perubahan-potret-dan-tren-kecantikan-selama-pandemi/508

Istikana. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pelita Bangsa) SKRIPSI.

Khrim, 2011. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Penerbangan PT. Garuda Indonesia di Semarang

Kotler Philip & Garry Armstrong. 2011. Pengertian dan Faktor Kualitas Produk . Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Komang dan Sintia. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hidden Garden Agro Cafe Baturiti Tabanan Bali. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. (2016), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta).

Lupiyoadi, (2013). Mendefinisikan macam-macam bauran pemasaran. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(01)

Mufa, 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurusan Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Pardede dan Haryadi (2017). https://www.hestanto.web.id/keputusan-pembelian

Priyatno, D. (2016). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis.Edisi 17 Jilid 2. Bandung: Gramediedu.

Rachmawati, S. (2015). https://www.harmony.co.id/blog/mengetahui-perilaku-konsumen-untuk-meningkatkan-penjualan-bisnis

Sunyonto (2015). http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2012100832MCBab2001/page17.html

Swasta (2016). http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9487/5/BAB%20II.pdf

Lupiyoadi, (2013). Mendefinisikan macam-macam bauran pemasaran. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(01)

Swasta dan Irawan. (2014). Pengaruh Promosi, Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Onderdil Astra Honda Motor (AHM) pada UD. Rasa Motor di Lumajang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Triyanti, N., Prastyani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputus Pembelian Laptop ACER Melalui Citra Merek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12.

Tjiptono. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Trenggono. (2007). Pengetahuan Tentang Kosmetika Perawatan Kulit Wajah Dan Riasan Pada Mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Program Studi Pendidikan Tata Rias Dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Wilujeng dan Edward. (2017). Pengaruh Persepsi Mahasiswi kepada Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian Produk Make-U.http://scholar.unand.ac.id/4658.

Windarti dan Ibrahim. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ngesrep Semarang)

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Y.O.U PADA HASANAH MART AIR HAJI. JURNAL ECONOMINA, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326