ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENENTUKAN POSISI PRODUK STREAMING ONLINE DENGAN MODEL ONLINE SHARE OF VOICE (OSOV)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.836Keywords:
Brand, Online Share of Voice, Pemasaran, Positioning, Strategi PemasaranAbstract
Perubahan pada seluruh aspek kehidupan di seluruh dunia sangat dirasakan oleh masyarakat akibat pandemi Covid-19, adanya teknologi digital yang semakin maju dimana menonton film tidak harus pergi ke bioskop namun bisa di akses menggunakan handphone, laptop, dan televisi sehingga waktupun lebih efesien. Saat ini ada beberapa streaming online yang diminati oleh masyarakat yaitu Netflix, disney+Hotstar dan VIU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi produk streaming online yang sering dibicarakan di media sosial. Dengan pengambilan data yang diperoleh melalui Awario dan SocialBuzz . Metode analisis yang digunakan yaitu matematis dengan menggunakan model Online Share of Voice (OSOV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk Netflix adalah produk yang menempati posisi pertama dan sering dibicarakan di media sosial dengan perolehan hasil 41% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 1.09. Posisi kedua ditempati oleh Disney+Hotstar dengan perhitungan OSOV mendapatkan hasil 29% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 0.92. Kemudian posisi ketiga di tempati oleh VIU dengan perolehan hasil 29% melibatkan positif dan negatif dengan skor bernilai 0.86.
Downloads
References
Christoper, M., & Peck, H. (1997). Marketing logistic second (O. Heinemann, Ed.).
Cindy mutia annur. (2023). Deretan Konten Digital Paling Sering Dibeli Pengguna Internet, Terbanyak Streaming Film dan TV. Retrieved from 21/02/2023 website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/21/deretan-konten-digital-paling-sering-dibeli-pengguna-internet-terbanyak-streaming-film-dan-tv
Crotty, M. (1998). The Foundation of Social Research: Meaning and Perspevtive In the Research Process. London.
Fachruddiin, I. (2009). Desain Penelitian. Malang.
Kismono, G. (2015). Bisnis Pengantar. Yogyakarta.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta.
Kusuma, A. H. P. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=rhbmDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=apa+itu+brand&ots=ZtVHOLWgwc&sig=_SIzUV_0o2cgwwX- ohvCyskNXT0&redir_esc=y#v=onepage&q=apa itu brand&f=falseaditya halim
Oktarini, R. (2021). Implementasi Model Online Share of Voice (OSOV) Dalam Menentukan Positioning Produk Nestle (Dancow). Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Rachman, T. (2018). Analisis Positioning Branding “Back To Nature” Larissa Aesthetic Center Ponorogo Dengan Pendekatan Bauran Promosi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27. Retrieved from http://eprints.umpo.ac.id/4217/3/BAB II.pdf
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif (F. Maharani, Ed.). jogjakarta.
Sugiyono. (2015). metode penelitian manajemen. Bandung: alfabeta.
Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 136–146. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/3407/pdf
vincent Garperz. (2013). All-in-one 150 key Performance Indicators and Balanced Scorecard, Malcolm Baldrige, Lean Six Sigma Suppyl Chain Management. Jakarta: Tri-Al-Bros Publishing.
Widiantari, N. K., Amir, F. L., & Praminatih, G. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Era New Normal di Mano Beach House Restaurant Seminyak. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(2), 553–568. https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.336
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.