PERAN BRAND AMBASSADOR (SONG JOONG KI) DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING

Authors

  • Fitrah Nurul Aulia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andrian Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.831

Keywords:

Brand Ambassador, Celebrity Endorser, Minat Beli

Abstract

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambaasador (Song Joong Ki) dan celebrity endorser yang digunakan pada produk kecantikan Scarlett Whitening terhadap minat beli. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dalam mendapatkan sampel penulis menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 responden yang dimana fokus responden ini adalah konsumen produk kecantikan Scarlett Whitening. Pengajuan hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f) dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terdapat variabel-variabel yang saling berpengaruh seperti pada penjelasan singkat berikut ini: 1). Pada variabel Brand Ambassador (X1) diketahui sig. sebesar 0,004 < 0,05 dengan t hitung 2,929 > t tabel 1,976 sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y). 2). Pada variabel Celebrity Endorser (X2) diketahui nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung 6,544 > t tabel 1,976 sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y). 3). Pada variabel Brand Ambassador (X1) dan Celebrity Endorser (X2) diketahui nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai f hitung 195,227 > f tabel 3.06 berdasarkan itu H1 dan H2 diterima yang berarti bahwa secara simultan Brand Ambassador (X1) dan Celebrity Endorser (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrian (2019). The Digital Marketing and Product Variety towards Purchasing Interest in Online Store Shopee (Case Study to Students of Class of 2016 Management Department Faculty of Economic University of Bhayangkara Jakarta Raya). 3, 14–24.

As'ad, A. (2018). Celebrity Endorser pada Jejaring Sosial Instagram. 1(1), 86–96.

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian melalui Minat Beli : Brand Ambassador dan Brand Image ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). 3(1), 30–42.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi 7). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19, Edisi Kedelapan (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mccracken, G. (1989). of Endorsement. Journal of Consumer Research, 16(3), 310–321.

Mohamad, R., Syariah, P., Mohamad, R., Rahim, E., Mix, M., & Mix, M. (n.d.). STRATEGI

BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX ) DALAM. 15–26.

Mujid, A., & Andrian, A. (2021). Strategi Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Melanjutkan Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 66. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.946

Musfar, F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Osak & Pasharibu (2020). ISSN : 2337-3067 Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness . 4, 357–380.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. 2.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V . Wiratna. (2020) metodologi penelitian bisnis & ekonomi.

yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, D. (2022). Perilaku Konsumen (1st ed.). Eureka Media Aksara.

Joan, Valerie https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/ (diakses pada tanggal 19 Maret 2023).

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Aulia, F. N., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). PERAN BRAND AMBASSADOR (SONG JOONG KI) DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2518–2530. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.831