PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI VARIABEL INTERVENING MINAT BELI VOUCHER GAME VALORANT (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.827Keywords:
Harga, Keputusan Pembelian, Minat Beli, PromosiAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan harga yang ditawarkan game valorant dalam pembelian voucher game terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan untuk mendapatkan sampel penulis menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebanyak 110 responden yang dimana fokus responden ini ialah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terdapat variabel-variabel yang saling berpengaruh dan ada juga yang tidak berpengaruh, seperti penjelasan singkat berikut ini: Promosi dan Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, Promosi dan harga tidak berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli mampu memediasi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876
Adelia, A., Poespa, R., Cahyono, R., & Martah, V. (2020). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian lotion Marina. E-Journal.Umaha.Ac. Id, 3(1), 2622–6367. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/iqtisad/article/view/931
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Al-Khitabah, R. T.-J., & 2015, undefined. (n.d.). Strategi promosi periklanan yang efektif. Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2623
Amelia, M. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15630
Azahra, F., & Hadita, H. (2023). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI VARIABEL INTERVENING MINAT BELI KFC GOLDEN CITY BEKASI DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. JURNAL ECONOMINA, 2(2), 678–691. https://doi.org/10.55681/ECONOMINA.V2I2.351
Bisnis, A. S.-J. M. D. S.-U., & 2017, undefined. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Journal.Uc.Ac. Id, 2(1). https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436
Budiman, A., & Sama, H. (2023). Pengaruh Motivasi Video Game terhadap Niat Pembelian dalam Aplikasi. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 458–471. https://doi.org/10.33395/REMIK.V7I1.12067
Cahyono, Y., Suryani, P., & N. E.-J. of I. E., & 2020, undefined. (n.d.). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di PT. Vista Bangun Propertindo. Jiemar.Org. Retrieved May 3, 2023, from https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/download/32/20
Choi, H. K., Mun, J. H., Kim, D. J., Zhu, H., Baek, J. M., Mudge, J., Roe, B., Ellis, N., Doyle, J., Kiss, G. B., Young, N. D., & Cook, D. R. (2004). Estimating genome conservation between crop and model legume species. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 101(43), 15289–15294. https://doi.org/10.1073/PNAS.0402251101
CS: GO vs. Valorant vs. CoD: popular shooters tournament’s comparison. (n.d.). Retrieved May 1, 2023, from https://escharts.com/news/most-popular-shooters-esports-based-majors-2022
Denisov, V., & Vladimir, D. (2020). DEVELOPMENT OF DIGITAL MARKETING IN ESPORTS Case Company: ForZe esports.
Dewanto, A., dan, S. N.-P. J. I. P., & 2015, undefined. (n.d.). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Dan Prestasi Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Perguruan Tinggi di Kota. Jurnal.Unikal.Ac.Id. Retrieved June 18, 2023, from http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/pena/article/viewFile/72/72
Dovina Navanti, Sujiyo Miranto, R. P. (2017). Identifikasi Variabel Kualitas Jasa dan Bauran Pemasaran yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto. In Jurnal Kajian Ilmiah (Vol. 17, Issue 02, pp. 45–50).
Esports ID | Xccurate Beri Pendapat Soal Perbedaan CS: GO dan Valorant. (n.d.). Retrieved April 3, 2023, from https://esports.id/valorant/news/2020/08/3eae62bba9ddf64f69d49dc48e2dd214/xccurate-beri-pendapat-soal-perbedaan-csgo-dan-valorant
Fauzi, N. (2016). PENGARUH PROMOSI MELALUI EVENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MOOZEE BAG. http://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/9426
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Fristiana, D., … A. P.-J. ilmu administrasi, & 2012, undefined. (n.d.). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Ejournal3.Undip. Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/839
Hadita, H., Widjanarko, W., & Hafizah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3). https://doi.org/10.31599/jki.v20i3.294
Handida, R., Economia, M. S.-J., & 2018, undefined. (2018). Pengaruh tingkat pengetahuan, kualitas layanan, dan tingkat literasi keuangan syariah terhadap pengambilan keputusan masyarakat muslim menggunakan. Academia.Edu, 14(1). https://www.academia.edu/download/69824917/pdf.pdf
Hermiyenti, S., on, Y. W.-2nd P. I. C., & 2019, undefined. (2019). A literature review on the influence of promotion, price and brand image to purchase decision. Atlantis-Press.Com. https://www.atlantis-press.com/proceedings/piceeba2-18/125907916
Hikmah. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif di Kota Batam. Journal of Business and Economics Reaserch (JBE), 1(2).
Hilmawan, H., Of, Y. Y.-T. A. P. J., & 2019, undefined. (n.d.). Pengaruh Komunikasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Rutan Klas IIB Rangkasbitung. Ejurnal.Latansamashiro.Ac.Id. Retrieved May 14, 2023, from https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/APJMS/article/view/269
Hilmawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Vario Di Kota Serang). Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo, 3 (3).
Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-bisnis/Digital Marketing/Promotion/Internet marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital yogyakarta. (n.d.). Retrieved April 3, 2023, from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Hsu, C.-L., & Lu, H.-P. (2007). Consumer behavior in online game communities: A motivational factor perspective. Computers in Human Behavior, 23(3), 1642–1659. https://doi.org/10.1016/j.chb.2005.09.001
Indrianna Meutia, K., Widjarnarko, W., Ekonomi dan Bisnis, F., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2021). Dampak Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75–87. https://doi.org/10.37195/JTEBR.V2I2.68
Ivantan, I., Khoiriah, N., & Karmiyati, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1). https://doi.org/10.32493/JEE.v3i1.7318
Jadwal Lengkap VCT 2023 LOCK//IN Sao Paulo. (n.d.). Retrieved April 3, 2023, from https://skor.id/post/jadwal-lengkap-vct-2023-lock-in-sao-paulo
Jamaludin, A., Arifin, Z., Jurnal, K. H.-, & 2015, undefined. (n.d.). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved May 12, 2023, from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=314239&val=6468&title= PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang
Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/JIMKES.V7I3.284
Kotler, P. (1999). Kotler on Marketing. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1).
Kotler, P. (2001). Marketing management, millenium edition. http://lms.aambc.edu.et:8080/xmlui/bitstream/handle/123456789/62/Marketing Management Kotler-Millenium Edition- Text Book.pdf?sequence=1
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. https://www.academia.edu/download/43845065/pemasaran_kotler.pdf
Kotler, P., Keller, K., Ang, S., Tan, C., & Leong, S. (2018). Marketing management: an Asian perspective. https://www.academia.edu/download/58052402/marketing-management-an-asian-perspective-5th-edit.pdf
Lee, S., & Jung, K. (2008). Effects of Price Comparison Site on Price and Value Perceptions in Online Purchases. https://archives.kdischool.ac.kr/handle/11125/28982
Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi. https://osf.io/v7dfr/download
Munger, J. L., Brand, D. G.-J. of P. &, & 2001, undefined. (n.d.). The effects of alternative price promotional methods on consumers’ product evaluations and purchase intentions. Emerald.Com. Retrieved March 30, 2023, from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/10610420110395377/full/html
Musthofa, A., & Rosyad, N. (2021). Efektivitas Event Premium Starlight Member Game Mobile Legend Untuk Menarik Minat Beli Voucher Game (Studi Deskriptif Event Premium Starlight Member Game Mobile Legend untuk Menarik Minat Beli Voucher Game di Kalangan Remaja. Prosiding Manajemen Komunikasi, Vol.7(No.2), 857–862.
Nursyamsi, M., Natarida Marpaung, N., Suprihanto, S., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, S., & Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triuana, P. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI HARI-HARI PASAR SWALAYAN CABANG BEKASI TRADE CENTER (BTC). Jurnal.Umika.Ac. Id, 3(1). http://jurnal.umika.ac.id/index.php/almisbah/article/view/232
Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.
Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, H., Ekonomi Dan Binis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Analisis Pengaruh Harga, F., dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada, K., di Kota Medan Asrizal Efendy Nasution, M., Pratami Putri, L., & Taufik Lesmana, M. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. Jurnal.Umsu.Ac. Id, 1(1), 194–199. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594
Prayogi, S. (n.d.). The Influence of Product Quality, Price and Promotions on Interest in Buying Sri Sulastri’s Batik.
Renaningtyas, L., Suhardiyah, M., & Wibowo, T. S. (2022). Pengaruh Testimoni Dan Harga Terhadap Minat Beli Top Up Voucher Game Arena of Valor di Yuriko Shop. 3(3), 16–25. https://www.jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/download/6212/4209
Sarstedt, M., Ringle, C., modeling, J. H.-P. least squares path, & 2017, undefined. (2017). Treating unobserved heterogeneity in PLS-SEM: A multi-method approach. Springer, 197. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64069-3_9
Setiawan, F., & Zakaria, H. (2022). Rancang bangun sistem pembelian voucher game online berbasis website menggunakan teknologi mern stack dengan model waterfall (studi kasus: good gaming store). OKTAL Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(05), 506–513. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/190
Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497
Simanihuruk, L., Simarmata, J., & Sudirman, A. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=hhDGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=(Simanihuruk,+2019)&ots=eITDFHSod0&sig=0NTIXsbZycb10mX_nSn6fdA4Vtc
Singh, D., & Pillai, S. (2022). Implementation of digital marketing strategy in the Gaming industry. 2022 International Conference on Decision Aid Sciences and Applications (DASA), 387–394. https://doi.org/10.1109/DASA54658.2022.9765259
Stephani, K., Cilvanus, H., Faktor-Faktor, A., Mempengaruhi, Y., Pengguna, K., Ruangguru, A., Stefani, K., & Id, A. (n.d.). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Persepsi Kemudahan, Iklan, Promosi, dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Ruangguru. Journal.Likmi.Ac.Id. Retrieved March 28, 2023, from https://journal.likmi.ac.id/index.php/media-informatika/article/download/44/42
Suryono, R. R. (2016). Perilaku Pemain Game Online Terhadap the Behavior of Online Gamer Toward the Purchasing of Item Virtual. Skripsi.
Tondang & Sutrisna, 2019 - Google Scholar. (n.d.). Retrieved June 18, 2023, from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Tondang+%26+Sutrisna%2C+2019&btnG=
Triyadi, M. (2017). Promosi Dan Kualitas Pelayanan Dalam Menentukan Minat Beli Konsumen Ngorea Bistro. https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8929
Ujianto, U., Manajemen, A. A.-J., & 2004, undefined. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnalmanajemen.Petra.Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/15648
Umar Bakti, M. S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Universitas Borobudur, 22 Nomor 1(Cara memanage pemasaran), 111–118. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/633
Vania, I., Ekonomis, R. S.-J., & 2021, undefined. (n.d.). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal.Unai. Edu. Retrieved May 12, 2023, from https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/2593
Wicaksono, A., Bisnis, S. N.-J. I. A., & 2018, undefined. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Harga terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen. Ejournal3.Undip. Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/22706
Yayang, W. A. (2023). TUGAS AKHIR: Strategi Promosi pada Manna Kampus Godean. http://repository.stimykpn.ac.id/428/2/DIII-2015976-BAB I.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.