DETERMINASI MINAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN MODAL SOSIAL

Authors

  • Titandia Maharani Juliananta Universitas Bhinneka PGRI
  • Nafik Umurul Hadi Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.799

Keywords:

Minat Berwirausaha, Modal Sosial, Penggunaan E-Commerce

Abstract

Salah satu strategi guna mengurangi pengangguran dan kemiskinan adalah melalui kewirausahaan, yang juga dapat meningkatkan pembangunan ekonomi. Dengan kemunculan e-commerce serta adanya modal sosial dapat membantu dan memudahkan awal bisnis, peluang ini harus dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh intensitas penggunaan e-commerce dan modal sosial terhadap minat berwirausaha. Metode yang diterapkan ialah metode penelitian deskriptif kuantitatif serta data dianalisis menggunakan Partial Least Square. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan data primer yang melibatkan 364 mahasiswa sebagai populasi dan 78 mahasiswa sebagai sampel. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) intensitas penggunaan ­e-commerce mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai P values 0,001 < 0,05, 2) modal sosial mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai P values 0,000 < 0,05, dan 3) intensitas penggunaan e-commerce dan modal sosial secara simultan mempengaruhi minat berwirausaha dengan nilai R square 82,2%.

References

Erawati, T., & Wati, R. E. (2021). Pengaruh Niat, Modal Sosial dan Peran Universitas Terhadap Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa. Ilmiah Akutansi, 12(2), 105–118. https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/590/494

Erlinda, & Astuti, R. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Yang Dimoderasi Oleh Pendidikan Kewirausahaan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh). Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 9(2). https://doi.org/10.37598/jimma.v9i2.985

Fanani, Y. K., & Fitrayati, D. (2021). Pengaruh Modal Insani dan Modal Sosial Terhadap Kinerja UMKM Makanan dan Minuman di Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(3), 84–89. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n3.p84-89

Gultom, E. (2021). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru). Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 40–46. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/788/524%0A

Kurniadi, I. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Aplikasi E-Commerce Dengan Online Shopping. In Repository Unika Soegijapranata (Vol. 4, Issue 1). UNIKA Soegijapranata Semarang.

Kurniawati, E. F. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK PGRI Bojonegoro Tahun Ajaran 2018-2019. In Repository IKIP PGRI Bojonegoro (Vol. 8, Issue 5). IKIP PGRI Bojonegoro.

Mahmudah, S. (2017). Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga Dan Modal Sosial Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Dan Dampaknya Pada Kinerja Kewirausahaan Mahasiswa Yang Tergabung Dalam Inkubator Kewirausahaan Stie Ipwija. Prosiding “Memajukan Kewirausahaan Dalam Upaya Membangun Indonesia,” 47–59.

Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 156. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5157

Nurnofianatun, T. D. (2022). Pengaruh Ketrampilan Kewirausahaan, Peluang Kerja, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Self-Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Di Daerah Istimewa Yogyakarta) (Vol. 5, Issue 3).

Rahmadani, R. (2022). Dampak Penggunaan E-Commerce da Pemahaman Sistem Informasi Akuntansi terhadap Keputusan Berwirausaha. Universitas Jambi.

Rumaningsih, M. (2017). Pengaruh Modal Sosial, Modal Insani dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Pengusaha UKM di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Jurnal Widya Ganeswara, 26(2), 247–260. https://bit.ly/3a8O5Om

Sari, B., & Rahayu, M. (2020). Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan E-commerce pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 2(3), 23.

Syarafina, S. (2022). Pengaruh Intensitas Mengakses E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang Selatang. In Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Issue 8.5.2017). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 dan SmartPLS 2.0 (1st ed.). Unit Penerbit dan Pencetakan STIM YKPN Yogyakarta.

Yuwono, D. C., Murtini, W., & Subarno, A. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Efiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 13(1), 1–100.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Juliananta, T. M., & Hadi, N. U. (2023). DETERMINASI MINAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN MODAL SOSIAL. JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3178–3187. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.799