PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.725Keywords:
Kesiapan Menjadi Guru, Minat Menjadi Guru, Program Pengenalan Lapangan Pesrsekolahan (PLP)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Pogram Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Semester VIII Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, dengan sampel 81 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Minat Menjadi Guru berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru dengan hasil nilai thitung >ttabel yaitu 9,720 > 1,99085 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru berpengaruh signifikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,155 > 1,99085 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan secara simultan Minat Menjadi Guru Dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel yaitu 126,967 > 3,962 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,875 yang memiliki arti jika perubahan Kesiapan Menjadi Guru dipengaruhi oleh Minat Menjadi Guru dan ProgramPengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 87,5% dan sisanya sebesar 24,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Aayn, S. L., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 132–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1738
Agusti, I. S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan, 9(1), 65. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17657
Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38939
Ari Bowo, P. (2019). Economic Education Analysis Journal Info Artikel. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–23. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23.
Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353
Maipita, I., & Mutiara, T. (2018). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 6(6), 34–43. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ekodik/article/view/10777
Mugiasih, N. M., Sudarsana, I. B. O., & Alit, D. M. (2018). Pengaruh kesiapan mengajar dan praktik pengalaman lapangan ( PPL ) terhadap minat menjadi guru mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali Angkatan Tahun 2014. Social Studies, 6(2), 6–10. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/socialstudies/article/download/537/421
Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statiska. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta.
Sholekah, W., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 213–222. https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2531
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono, P. D. (n.d.). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (cetakan ke). alfabeta, cv.
Umaroh, L. N., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 17–30. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p17-30
Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.