PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Authors

  • Ella Cristina Novitasari Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.719

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Lokasi, Produk, Promosi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian di Universitas Bhinneka PGRI. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, dengan sampel 101 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan jika variabel produk & harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2.639 > 1.985 dan 2.218 > 1.985, secara parsial variabel lokasi & promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung < ttabel yaitu -370 < 1.985 dan 1.678 < 1.985. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel (8.362 > 2.465). Nilai Adjusted R2 sebesar 22,7% artinya variabel bauran pemasaran memberikan sumbangan efektif terhadap keputusan pembelian sebesar 22,7%, sisanya 77,3 dipengaruhi variabel lain dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Diputra, G. I. S., & Yoga, G. A. D. M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Indomarco Pratama Denpasar Bali. Widya Manajemen, 2(2), 69–80. Https://Doi.Org/10.32795/Widyamanajemen.V2i2.908

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Ibm Spss 23.

Izanah, A., & Widiartanto, W. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fisip Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 259–267. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2020.28076

Jacklin, M. P. R., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 431–440.

Kanter, G. E., Lapian, J. S. L. H., Soepeno, S., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coffee Latte Era Pandemi Covid-19 Di Rangow Coffee Kecamatan Langowan Barat The Effect of Marketing Mix on Consumer Buying Decision Coffee Latte in The Era Covid-19 Pandemic at Rangow Coffee L. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1555–1565.

Lidwina, S. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Helm Motor Merek Gm di Kota Pekanbaru. Kinabalu, 11(2), 50–57.

Manik, S., & Rianti, B. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Sayur Broco Es Krim Di Pekanbaru. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 162–175. Https://Doi.Org/10.34006/Jmbi.V8i1.104

P. Kotler. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta

Ramadhanti, A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah Di Samarinda. Journal Administrasi Bisnis, 5(2), 269–282.

Sari, F. Y., & Utomo, S. B. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Grandfather Coffeeshop Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(4), 1–15. Retrieved from Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Jirm/Article/View/3967

Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung.

Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal Emba, 6(4), 2058–2067.

Wicaksono, I. S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kue Purimas 3 Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(2461-0593), 212–217. Retrieved from Https://Repository.Stiesia.Ac.Id/692/

Wowor, S., Messie, J. D. D., & Raintung, M. C. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Seruput Coffee Company Tomohon Di Masa Pandemi. Jurnal Emba, 9(3), 1472–1481. Retrieved from Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Emba/Article/View/35803

Wahyuni, D. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa Panggung Lestari Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul. Kajian, 24(3), 191–203. https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Novitasari, E. C., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN AKADEMIK 2022/2023. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 2076–2090. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.719