PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR MIKRO TEACHING SEMESTER VIII PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINEKA PGRI TULUNGAGUNG

Authors

  • Klarisa Milenia Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Moh Gufron Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.717

Keywords:

Gaya Belajar, Hasil Belajar Mikro Teaching, Keaktifan

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan keaktifan terhadap hasil belajar mikro teaching mahasiswa Pendidikan ekonomi semester VIII tahun akademik 2022/2023. Peningkatan kualitas pendidikan salah satunya melalui hasil belajar.  Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya, yaitu gaya belajar dan keaktifan belajar. Dengan adanya gaya belajar yang baik mahasiswa dapat belajar dengan cara yang khas sesuai dengan karakteristiknya, serta adanya keaktifan belajar yang baik dapat menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa lain, hal ini akan mengakibatkan suasana kelas menjadi segar dan kondusif, dimana masing-masing mahasiswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, uji coba instrument dan uji validitas instrument. Hasil penelitian menunjukkan variabel Gaya Belajar (X1) memiliki nilai thitung<ttabel sebesar 2.856 < 1,664 berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel Gaya Belajar terhadap hasil belajar micro teaching Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI. Kemudian pada variabel Keaktifan (X2) memiliki nilai thitung>ttabel sebesar 4,086 > 1,664 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel Keaktifan (X2) terhadap hasil belajar micro teaching (Y) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI. Secara simultan dapat diketahui bahwa nilai Fhitung>Ftabel sebesar 13,007 > 3,117  Maka, seluruh variable independent atau Gaya Belajar dan Keaktifan secara Bersama-sama dan signifikan memberikan pengaruh terhadap variable gaya belajar dan keaktifan terhadap hasil belajar micro teaching Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Astutie, C. S. A. (2013). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Sma Negeri 18 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3), 1–15.

Belajar, P. G., Belajar, M., Kondisi, D. A. N., Nugroho, T. A., & Sudarma, K. (2017). Economic Education Analysis Journal. 6(1), 188–201.

Dwi Apriliani, N. M. P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V3i2.17390

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. Https://Doi.Org/10.33487/Mgr.V2i1.1750

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Ibm Spss 23.

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V11i1.20077

Ningsih, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di Sman 2 Gunung Sahilan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fkip Uir, 6(2), 157–163. Https://Journal.Uir.Ac.Id/Index.Php/Peka/Article/View/2746

Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 54–64. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Ekonomi/Article/View/6074

Rahman, A. A., & Yanti, S. (2016). Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2), 1–6. Http://Jfkip.Umuslim.Ac.Id/Index.Php/Jupa/Article/View/183

Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75. Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Solusi/Article/View/59

Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Tumanggor, N. E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Teknologi Pendidikan (Jtp), 10(2), 189. Https://Doi.Org/10.24114/Jtp.V10i2.8731

Wardhani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. Jp2m (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 42. Https://Doi.Org/10.29100/Jp2m.V2i1.215

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Milenia, K., & Gufron, M. (2023). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR MIKRO TEACHING SEMESTER VIII PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINEKA PGRI TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 2053–2063. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.717