PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.715Keywords:
Gaya Hidup, Media Sosial Instagram, Perilaku KonsumtifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Instagram dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, dengan sampel 81 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan jika media sosial Instagram tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan hasil thitung <ttabel yaitu 1,830 < 1,99085 dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan hasil thitung < ttabel yaitu sebesar 5,847 > 1,99085. Sedangkan secara simultan Media Sosial dan Gaya Hidup berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Perilaku Konsumtif dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 242.317 > 3,962. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,928 yang memiliki arti jika perubahan Perilaku Konsumtif dipengaruhi oleh Media Sosial Instagram dan Gaya Hidup sebesar 92,8% dan sisanya sebesar 14,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273–279. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4570
Amaliya, L., Setiaji, K., Pd, S., Pd, M., & Artikel, S. (2017). Economic Education Analysis Journal Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram,Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang) Info Artikel Abstrak. 6(3), 835–842. Retrieved From Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23.
Hurbania, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram, Teman Sebaya , Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjung Bumi Iftita. Thesis. Retrieved from http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/1181/%0Ahttp://repo.stkippgri-bkl.ac.id/1181/1/Iftita Hurbania_1722211028_jurnalnew.pdf
Kurniawan, F., & Hasibuan, M. I. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia 15-18 Tahun Di Lingkungan II Kelurahan Dwikora Helvetia. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 39. https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30815
Kusumaningtyas, I., & Sakti, N. C. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 1–8.
Puryasari, R. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Tulungagung. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30599/utility.v3i1.520
Raprayogha, R., Kara, M., & Dahlan, N. (2021). Asy-Syarikah Pengaruh Media Sosial Instagram, Kelompok Teman Sebaya Dan Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 2021. Retrieved from http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/asy-syarikah
Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statiska. Bandung: Alfabeta.
Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160–172.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.