PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG

Authors

  • Gigih Gotama Universitas Bhinneka PGRI
  • Sulastri Rini Rindrayani Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.69

Keywords:

Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Perilaku Impulsif

Abstract

Berkembangnya zaman membuat jangkauan internet berkembang luas tentunya memudahkan manusia melakukan kegiatan ekonomi, khususnya kegiatan konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket (kuensioner). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai thitung > ttabel 3.055> 1.973 dan signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, sedangkan lterasi ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai thitung > ttabel 1.981 > 1.973 dan signifikansi sebesar 0,042 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung 12.653 > f table 3,05 dan sig 0.000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi digital dan literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Nilai Adjusted R 2 adalah 0,120 yang berarti bahwa variabel kiterasi digital dan literasi ekonomi memberikan sumbangan efektif terhadap variabel pembelian impulsif sebesar 12% terhadap perilaku impulsif, dan sisanya sebesar 88% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, I. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19. 4(2), 231–240. Http://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Anuvapengukuran

Aprilia, E. D., & Mahfudzi, R. (2020). Gaya Hidup Hedonisme Dan Impulse Buying Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 7(2), 71–78. Https://Doi.Org/10.20527/Ecopsy.V7i2.7390

Ardianti, R., & Megasari, R. (2021). Pengaruh Intensitas Informasi Teman Sebaya, Literasi Ekonomi, Dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Genbi Universitas Negeri Malang Periode 2020-2021. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(8), 763–775. Https://Doi.Org/10.17977/Um066v1i82021p763-775

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98–104. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Bibliotika

Dewanti, I., & Haryono, A. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kontrol Diri, Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Baju Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(8), 718–734. Https://Doi.Org/10.17977/Um066v1i82021p718-734

Fernando, F., & Handoyo, S. E. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial, Dan E-Commerce Terhadap Keputusan Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 99. Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V4i1.17171

Gesita Aria Chandra. (2019). Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Pembelian Impulsif Pada Generasi Z Yang Dimoderatori Oleh Gender.

Hasibuan, F. & R. D. A. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Pembelian Impulsif untuk Produk Fashion Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 di Fakultas Ekonomu Universitas Negeri Medan. Jurnal Ekonomi Pendidikan, vol. 6, No.7, 21–27.

Hariani, L. S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang P. Prosiding Seminar Nasional Penelitian 2015, 3(1).

Heni Sulistiowati, P. B. W. (2015). Stres Dan Kecenderungan Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 4(4), 32–37.

Jappelli, T. (2010). Economic Literacy: An International Comparison.

Jumiarti, Saroh, S., & Hardati, R. N. (2021). Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kartu Internet Smartfren. Jurnal Jiagabi, 10(1), 148–154.

Kiftiyatul Umayah. (2017). PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA.

Kurnianingsih, I., Rosini, Dan Ismayati, N. (2017). (Literacy)Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76.

Melina, A., & Wulandari, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Scientific Journals of Economic Education, 2(1), 143.

Muhammad Thohir, Yoyok Soesatyo, H. (2016). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LITERASI EKONOMI DAN PERCAYA DIRI TERHADAP MINAT WIRAUSAHA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA Muhammad. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 149–163.

Murniatiningsih Endah. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Dan Teman Sebaya Terhadap Periilaku Konsumsi Siswa SMP Negeri Di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 127–156.

Noneng, Supatminingsih, T., Inanna, Hasan, M., & Dinar, M. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Online Shop Pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Ips Di Sma Negeri 8 Makassar. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 02(02), 94–104. Https://Jurnalintelektiva.Com/Index.Php/Jurnal/Article/Download/294/205

Nuraeni. (2015). PENGARUH LITERASI EKONOMI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF UNTUK PRODUK FASHION PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. 224–233.

Nurfitria, A. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Konsumtif Untuk Produk Fashion Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/50126

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 684–697.

Pancaningrum, E. (2017). Visual Merchandise Dan Atmosfer Toko: Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Impuls. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 17(1), 23–40.

Pratiwi, I. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 98.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan, 1(1), 72–87. Https://Doi.Org/10.17509/Ghm.V1i1.28380

Rosidah, A., & Prakoso, A. F. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 275–287. Https://Doi.Org/10.31846/Jae.V9i3.398

Sabrina Aisyah Putri, Retno Mustika Dewi. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo Di Masa Pandemi Covid-19. 10(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V10n2.P139- 147

Salsabila, F. (2009). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Di Kota Makasar. Jurnal Manajemen Dan. Kewirausahaan, 10(2), 93–104.

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga (Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Sina, G. P. 2012. Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia. Vol.8 No.2, 135-143

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukma Prabawanti, S. (2019). PENGARUH EFIKASI DIRI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LITERASI KEUANGAN, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(01), 64–76. Https://Doi.Org/10.1190/Segam2013-0137.1

Suratno, S., Denmar, D., & Hepy, H. (2021). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TELEVISI, LITERASI EKONOMI, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI KASUS GURU SMA NEGERI KABUPATEN MUSI BANYUASIN). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Infomasi, 2(4), 501–515.

Tri Seno Anjarnarko, R. M. (2022). Visual Merchandising Dan Motivasi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Ekuitas, 3(3), 445–450.

Tupamahu, F. A. S., & Balik, D. (2020). Efek Moderasi Kontrol Diri Pada Hubungan Sifat Materialisme Terhadap Pembelian Impulsif Online. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 1(2), 115–136.

Utami, N. N. (2020). Analisis Pemahaman Ekonomi Terhadap Keputusan Pembelian Impulsive. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 14(2), 88. Https://Doi.Org/10.33795/J-Adbis.V14i2.94

Yahya Reka Wirawan, F. P. (2019). PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PENGALAMAN PRAKERIN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (APK) SMK NEGERI 1 POGALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal EQUILIBRIUM, 7(2), 106–115.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Gotama, G., & Rindrayani, S. R. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 1(4), 690–701. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.69