PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENUNJANG BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.683Keywords:
Kemandirian Belajar, Pemahaman Materi, Penggunaan Internet Sebagai Sarana Penunjang BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai sarana penunjang belajar dan kemandirian belajar terhadap pemahaman materi pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS dan sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen menggunakan angket dan tes tulis yang dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji f. Hasil uji t adalah thitung 0,178 < ttabel 2,012 dan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,859 > 0,05, jadi disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara parsial penggunaan internet sebagai sarana penunjang belajar terhadap pemahaman materi, hasil uji t adalah thitung 3,894 > ttabel 2,012 dan nilai dan Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial kemandirian belajar terhadap pemahaman materi. Kemudian uji f menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan penggunaan internet sebagai sarana penunjang belajar dan kemandirian belajar terhadap pemahaman materi yaitu fhitung 8.425 > ftabel 3.190.
Downloads
References
Arikunto, P. D. S. (2010). PROSEDUR PENELITIAN Suatu Pendekatan Praktik.
Aulia, N., Normelani, E., & Aristin, N. F. (2016). Pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS MAN 2 Kandangan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 3(4), 28–39.
Bramantha, H. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.63
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengaruh kemandirian dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. 10–27.
Putri, F. A., Kristiani, & Wahyono, B. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1–13. https://jurnal.uns.ac.id/bise
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Pengaruh Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Sugiyono, P. D. (2013). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sujarweni, V. W. (2015). SPSS UNTUK PENELITIAN.
Tiara Sari, R., & Anasrulloh, M. (2021). Strategi Guru dalam Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 142–150. https://doi.org/10.53682/literacyjpe.v2i1.3159
Tomo, S., & Utami, Y. R. W. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Kegiatan Belajar Siswa SMA Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Sinus, 14(1), 21–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.